Dark/Light Mode

Capres Dan Sepak Bola

Minggu, 21 Maret 2021 06:06 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Erick Thohir misalnya, bahkan punya panggung lain yang tak sepenuhnya baru: panggung olahraga. Sepakbola.

Menteri BUMN ini kemarin diumumkan telah mejadi pemilik baru klub Persis Solo. Dia membeli klub itu bersama pengusaha asal Solo, Kevin Nugroho, dan putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep.

Komposisi sahamnya: Kaesang 40 persen, Kevin 30 persen, dan Erick Tohir 20 persen. Sepuluh persen saham dipegang para pendiri. Menguasai saham mayoritas, Kaesang akan duduk sebagai Direktur Utama klub.

Baca juga : Cabe Dan Beras, Ada Apa?

Ini modal. Bisa menjadi “investasi politik”. Apalagi di negeri sepakbola seperti Indonesia. Dengan pengalamannya yang segudang di beberapa negara, Erick juga bisa “membimbing” Kaesang dalam investasi olahraga.

Sebelum membeli Persis Solo, Erick pernah menjadi pemilik klub sepak bola DC United (AS) dan Oxford United (klub Divisi III Liga Inggris). Dia juga disebut-sebut memiliki saham di Persib Bandung.

Sebelum merambah dunia internasional, Erick menjadi pemilik klub bola basket nasional, Satria Muda.

Baca juga : “Menggoreng” 3 Periode

Yang paling fenomenal tentu saja ketika dia membeli klub raksasa Italia, Inter Milan. Sekarang sahamnya sudah dijual ke perusahaan penyedia dana asal Hong Kong. Erick disebut meraup untung besar dari penjualan ini.

Menariknya, Italia memiliki sejarah “bola dan politik”. Mantan Perdana Menteri Italia yang juga pengusaha media, Silvio Berlusconi adalah pemilik klub AC Milan.

Bagaimana dengan Indonesia? (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.