Dark/Light Mode

Menteri Terbaik Ditunggu Rakyat

Kamis, 15 April 2021 06:14 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Setelah empat bulan, keenamnya punya rapor masing-masing. Kiprah mereka tercatat. Kebijakan mereka bisa dinilai. Kebijakan yang dipuji maupun yang kontroversial serta dipertanyakan.

Penilaian yang sama juga bisa diberikan kepada tujuh tim kabinet di era reformasi. Mulai dari Kabinet Reformasi Pembangunan-nya BJ Habibie, Persatuan Nasional-Gus Dur, Gotong Royong-Megawati, Indonesia Bersatu I & II-nya SBY, sampai Kabinet Kerja dan Indonesia Maju-nya Jokowi. Siapa yang menurut Anda sebagai tim terbaik?

Baca juga : Kontrol Harga Kebutuhan Pokok

Bagi rakyat, menteri terbaik, salah satunya, adalah menteri yang rela namanya tenggelam demi karya-karya besar buat rakyat, bangsa dan negara. Bukan yang nyambi untuk kepentingan pribadi atau parpolnya.

Karena, kita juga mencatat setidaknya ada 13 menteri di era reformasi yang terlilit kasus korupsi. Mereka berurusan dengan KPK. Sebanyak delapan orang terjerat ketika menjabat, lima lainnya tersandung setelah tidak lagi menjabat.

Baca juga : Jangan Cerminnya Yang Dibelah

Artinya, tidak ada jaminan bahwa menteri adalah orang yang kebal hukum. Apalagi Presiden Jokowi sering mewanti-wanti para menterinya supaya tidak terlibat korupsi.

Tidak ada perlindungan. Siapa pun bisa kena. Kalau korupsi. Apalagi kalau “arah angin berubah”.

Baca juga : Naik Gaji, Tekan Korupsi?

Kita berharap, setelah reshuffle kabinet, tidak ada lagi menteri yang terjerat korupsi. Tidak ada lagi menteri yang namanya menjadi headline berita karena berurusan dengan KPK.

Rakyat akan lebih menghargai menteri yang namanya tak terlalu berkibar, tapi karyanya bisa dirasakan. Warisan dan hasil kerjanya bermanfaat buat rakyat. Inilah menteri terbaik yang dicari dan ditunggu rakyat.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.