Dark/Light Mode

Hati-Hati Varian 2024

Kamis, 5 Agustus 2021 07:00 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Kepercayaan publik terhadap pemerintah, juga bisa menurun. Imun rakyat yang sedang berjuang menghadapi Covid-19, juga bisa melorot akibat kehebohan ini.

Selain itu, bisa saja muncul godaan untuk mencari dana kampanye. Dengan berbagai macam cara. Yang kalau tidak hati-hati, bisa menyerempet korupsi.

Baca juga : Kasus 2 T Dan Utang Rasa

Sekarang mungkin relatif akan aman-aman saja. Tapi kalau, sekali lagi kalau, nanti, “arah angin” berubah, “tak bisa dipegang” lagi, siapa yang bisa menjamin keamanan itu. Hati-hati.

Ketika “hasrat 2024” mengemuka, mesin politik juga akan mulai menyala. Mesin yang digerakkan secara resmi maupun mesin yang muncul dari para simpatisan. Mesin mandiri dari rakyat.

Baca juga : Hati-Hati “Varian Daerah”

Ketika mesin-mesin menyala, kebisingan akan terjadi. Polarisasi di akar rumput, di dunia nyata maupun di dunia maya yang sudah panas akan bertambah panas. Saling ejek. Saling serang. Pasti akan mengeras.

Bahayanya, kalau polarisasi beraroma 2024 ini dimanfaatkan kelompok-kelompok yang ingin mengadu domba sesama anak bangsa, bisa tambah gawat. Taruhannya sangat mahal dan berkepanjangan.

Baca juga : Heboh Dan Hilang, “New Normalkah”?

Residu atau sisa-sisa perpecahan 2019 saja masih panas dan tak berkesudahan, apalagi kalau langsung disambut “Varian 2024”. “Virusnya” bisa tambah ganas. Gaduh dan parah. Bangsa ini akan semakin terbelah. Sulit dikendalikan. Tak berkesudahan. Entah sampai kapan.

Karenanya: hati-hati dengan “varian 2024”. Tahan diri. Tahan nafsu. Tahan simpatisan. Masa’ kalah sama rakyat, yang selama 1,5 tahun ini sudah menahan segalanya. (*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.