Dark/Light Mode

Hati-Hati Acara Berskala Besar

Selasa, 28 September 2021 07:00 WIB
SUPRATMAN
SUPRATMAN

 Sebelumnya 
Belajar dari beberapa negara tersebut, Indonesia perlu kehati-hatian yang luar biasa ketika mengizinkan acara-acara berskala besar. Apalagi vaksinasi di Indonesia baru mencapai 20 persen. Masih jauh dari target. Test dan tracing, juga masih rendah.

Karena itu, rencana mengizinkan acara-acara berskala besar butuh kesiapan serius semua pihak: masyarakat, penyelenggara dan aparat pemantau.

Baca juga : Pilgub, Azis Dan KPK

Acara konser misalnya, bisakah para penontonnya menjaga jarak? Bisakah tak ikut bernyanyi? Apalagi kalau konser musik dengan irama menghentak-hentak dan energik.

Kasus di Jepang misalnya, mereka mengalami lonjakan karena warganya suka nobar, nonton bareng, terutama liga-liga sepakbola Eropa. Bar dan kafe selalu ramai, sementara protokol kesehatan diabaikan karena mereka terlalu pede, antara lain karena sudah divaksin.

Baca juga : Menghentikan Kecanduan Impor

Sekarang, Indonesia memasuki momentum yang baik. Banyak negara yang harus belajar dari Indonesia, bagaimana mengerem dan ngegas yang benar.

Hanya saja, jangan sampai kondisi ini memunculkan eforia berlebihan. Hati-hati dan tetap waspada.(*)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.