Dewan Pers

Dark/Light Mode

Tenis

The Djoker Jadi Peringkat Satu Dunia Terlama

Kamis, 9 Desember 2021 05:33 WIB
Djoker alias Novak Djokovic. (Foto : AFP)
Djoker alias Novak Djokovic. (Foto : AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Petenis peringkat satu dunia asal Serbia, Novak Djokovic merayakan pekan ke-350 sebagai petenis peringkat satu dunia.

The Djoker menjadi salah satu petenis yang menduduki peringkat tertinggi terlama sepanjang sejarah tenis.

Catatan itu membuat Djokovic melewati rekor milik petenis putri Amerika Serikat (AS) Serena Williams, yang menempati peringkat satu dunia selama 319 pekan.

Selain itu, Djokovic juga melampaui rekor milik petenis Spanyol Rafael Nadal dengan 310 pekan.

Berita Terkait : Menkominfo Gandeng Kadin Percepat Transformasi Digital

“Sangat luar biasa rasanya saya dapat berjalan di jalur legenda dan raksasa olahraga ini,” kata Djokovic dikutip dari ATPtour, kemarin.

Mengetahui dirinya telah mendapatkan tempat di antara para legenda tenis, ini menjadi penyemangat untuk terus tampil maksimal.

Dalam perjalanan karier sepanjang 2021, petenis berusia 34 tahun itu telah mencatat pencapaian luar biasa dengan catatan menang-kalah 55-7.

Djokovic juga sukses mengklaim gelar utama di Australia Terbuka, Roland Garros dan Wimbledon, sementara dia mengangkat trofi di Beograd Terbuka dan Rolex Paris Masters.

Berita Terkait : Kemendagri Dorong Penguatan Kelembagaan Penataan Ruang Di Daerah

Mencapai pekan ke-350 di peringkat satu dunia tentu bukan hal yang mudah bagi Djokovic. Dia juga melewati jalan panjang untuk bisa mencapai kariernya seperti sekarang.

Djokovic mengalami lima kali naik turun untuk mengisi posisi puncak. Periode pertama, Djokovic menempati posisi teratas di ranking ATP yakni pada 4 Juli 2011 hingga 8 Juli 2012 (53 minggu).

Kemudian, dia kembali berada di urutan teratas pada 5 November 2012 hingga 6 Oktober 2013 (48 minggu). Periode ketiganya terjadi pada 7 Juli 2014 hingga 6 November 2016 (122 minggu).

Selanjutnya, Djokovic naik peringkat satu lagi pada 5 November 2018 hingga 3 November 2019 (52 minggu). Terakhir, dia menghuni posisi itu sejak 3 Februari 2020 hingga saat ini (75 pekan).

Berita Terkait : Indonesia Jadi Ketua G20, Dubes Jepang Ngasih Selamat

Selain itu, Djokovic akan memiliki kesempatan membuat lebih banyak sejarah di tahun depan. Dia dapat melampaui rekor legenda WTA Steffanie Graf yang memegang posisi teratas terlama, yakni 377 minggu. [DNU]