Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soal Rasisme Di Liga 3, Pengamat Minta Persikota Tangerang Dihukum

Minggu, 27 Februari 2022 08:35 WIB
Rivaldo Wally dan Ardiles Rumbiak yang diduga mendapat perlakuan rasis. (Foto : Ist)
Rivaldo Wally dan Ardiles Rumbiak yang diduga mendapat perlakuan rasis. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Aksi rasisme yang terjadi di Liga 3 Nasional saat Persikota Tangerang kontra Belitong FC, menuai banyak kecaman. Bahkan oknum pelaku yang melalukan aksi rasis baik pemain ataupun suporter harus mendapat hukuman. Pasalnya Federasi Sepakbola Dunia atau FIFA juga memerangi aksi rasisme. 

Pengamat Sepakbola, Kesit B.Handoyo cukup terkejut dengan adanya rasis di Liga Indonesia pada pertandingan di Liga 3, Persikota kontra Belitong FC. Tidak hanya di Indonesia, FIFA juga terus mengkampanyekan aksis rasisme.

"Tidak mentolerir sikap rasisme di sepakbola, dibelahan dunia manapun aksis rasisme terus didengungkan. Kalau terbukti ada pemain dan penonton ataupun pihak lainnya yang melakukan rasisme di Liga 3 itu benar-benar tindakan yang memalukan," ujar Kesit, Minggu 27 Februari 2022. 

Baca juga : Erick Thohir Genjot Hilirisasi BUMN Tambang, Pengamat: Untuk Berikan Nilai Tambah

"PSSI harus berani memberikan hukuman kepada para pelaku rasis, jangan pandang bulu. Kalau oknum suporter sulit dicari, klub juga harus tanggung jawab. Karena pertandingan tanpa penonton. Lalu kenapa diduga bisa ada penonton masuk," tegas Kesit. 

Deputi V Kepala Staf Kepresidenan, Jaleswari Pramodhawardani, menyesalkan terjadinya tindakan rasisme di Liga 3. Dalam siaran pers Kantor Staf Presiden RI, Jaleswari menegaskan, sebagai negara yang mengakui keragaman dalam konsep Bhinneka Tunggal Ika, segala bentuk tindakan rasisme tidak diterima dengan alasan apapun. Oleh karenanya, Kantor Staf Presiden (KSP) dengan tegas merespon aksi rasisme ini.

KSP, yang salah satu fokusnya mengawal isu-isu terkait Papua, tidak hanya mengecam tindakan rasisme ini, namun juga mengingatkan penyelenggara Liga 3 Indonesia agar memperhatikan dengan serius insiden rasisme yang telah terjadi dan mengambil langkah-langkah penindakan, agar kasus seperti ini tidak terulang di masa depan.

Baca juga : Ratusan Triliun Duit Pemda Ngendap Di Bank, Anak Buah AHY Minta Sri Mul Turun Tangan

“Aksi verbal dan visual yang mengindikasikan penghinaan terhadap individu atau kelompok manapun tidak dibenarkan. Tindakan yang dilakukan dengan latar belakang perbedaan ras dan suku merupakan aksi rasisme yang harus ditindak tegas, baik terhadap pelaku maupun klub dimana pelaku bernaung,” ungkap Jaleswari, Jumat, 25 Februari. 

Sebelumnya pada babak 32 besar Liga 3 Nasional di Stadion Benteng Tangerang, Kamis 24 Februari, pertandingan Persikota melawan Belitong FC terjadi aksi rasisme yang ditujukan kepada pemain Belitong FC, Rivaldo Wally dan Pelatih Ardiles Rumbiak. 

Dalam jumpa pers usai pertandingan, Rivaldo Wally dan Ardiles Rumbiak mengaku mendapat hinaan rasis dari pemain cadangan dan suporter Persikota. "Kami manusia bukan monyet, rambut kita keriting, kulit hitam. Tapi kami tetap orang Indonesia. Kami minta dihargai. Tolong hentikan rasisme di dunia sepakbola Indonesia," ujar Ardiles. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.