Dark/Light Mode

Alfian M Fajri Raih Juara Dunia di Chamonix, Prancis

Sabtu, 13 Juli 2019 17:11 WIB
Alfian M Fajri (tengah) kembali meraih juara dunia dari nomor speed world record di Prancis, Jumat (12/7). (Foto: Istimewa).
Alfian M Fajri (tengah) kembali meraih juara dunia dari nomor speed world record di Prancis, Jumat (12/7). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar gembira datang dari Chamonix, Prancis. Atlet pelatnas panjat tebing Alfian M Fajri kembali meraih juara dunia dari nomor speed world record.

Kali ini medali emas diraih dari IFSC Worldcup Chamonix, Prancis, Jumat (12/7).  Alfian berhasil menjadi yang tercepat setelah mengalahkan atlet asal China, Zhong Qixin. Atlet asal Solo, Jawa Tengah, ini menorehkan catatan waktu 5,764 detik, sedangkan Zhong Qixin 6,382 detik. 

Baca juga : Juara Liga Champions, Mane Puji Suporter Liverpool

Alfian mengaku, kunci kemenangannya adalah ketenangan. Saat mampu menguasai diri dan fokus, dia berhasil menjadi yang terbaik.

"Saya merasa semakin tenang dalam menghadapi tekanan," ujar Alfian di sela persiapan upacara penyerahan medali di Chamonix, Prancis. Untuk medali perunggu diraih oleh Vladislav Deulin dengan catatan waktu 6,057 detik.

Baca juga : Juara Dunia, Ruiz : Ini Impian Saya

Deulin unggul setelah lawannya asal Ukraina, Danyil Boldyrev, mengalami fall.  "Di era speed, ini pertama kalinya kita juara dunia di Eropa," ujar Manager Timnas Panjat Tebing Pristiawan Buntoro.

Selain Alfian, Aspar Jaelolo juga lolos ke putaran final. Hanya saja dia gagal melaju ke perempat final.  Sementara itu di nomor speed putri, Aries Susanti Rahayu dan Nurul Iqamah juga berhasil lolos ke putaran final. Aries gagal di perebutan perunggu, sedangkan Nurul gagal di melaju ke perempat final. 

Baca juga : Memo, Surga Menantimu

Di tahun 2018, Alfian juga pernah meraih juara dunia di IFSC Worldcup Chongqing, China, pada April 2018. Kala itu Alfian menorehkan catatan waktu 5,970 detik. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.