Dark/Light Mode

Benfica vs Dynamo Kiev 2-0

Si Elang Injak Satu Kaki Ke Champions

Jumat, 19 Agustus 2022 07:00 WIB
Goncalo Ramos. (Foto: Getty Images).
Goncalo Ramos. (Foto: Getty Images).

RM.id  Rakyat Merdeka - Klub asal Portugal, Benfica, sukses menginjakkan kaki ke babak penyisihan Liga Champions, setelah menaklukkan klub asal Ukraina, Dynamo Kiev 2-0 di leg pertama play-off. Di leg kedua, Si Elang–julukan Benfica, akan tampil di kandang sendiri.

Dua gol Benfica disumbangkan Gilberto dan Goncalo Ramos yang keduanya dicetak di babak pertama dalam laga yang dimainkan di Kota Lodz, Polandia. Pasalnya, Dynamo tidak bisa menggelar laga di kandang sendiri akibat invasi Rusia ke Ukraina.

Kendati demikian, Dynamo Kiev tampil menekan sepanjang babak kedua dan merepotkan lini pertahanan Benfica.

Pelatih Benfica, Rger Schmidt menilai, Dynamo Kiev terbukti menjadi tim dengan kualitas tinggi, terutama dalam menyerang terutama di babak kedua. Dia mengakui pemainnya mengalami kesulitan bertahan.

Baca juga : Elang Kartago Siap Beri Kejutan

Dynamo mengambil lebih banyak serangan di 20 menit terakhir pertandingan, membawa lebih banyak kesegaran ke permainan dengan pergantian pemain dan melakukan segala yang mungkin untuk mencetak gol.

“Kami harus selalu menghormati kualitas lawan. Dynamo Kiev sangat pandai menciptakan kombinasi dan peluang,” kata Schmidt, dilansir laman resmi klub.

Dia meminta anak asuhnya untuk tetap konsentrasi dalam duel leg kedua pekan depan di Stadion da Luz. Kemenangan akan mengantar Benfica ke putaran final Liga Champions 2022-2023.

“Kami tidak boleh kehilangan konsentrasi sebelum pertandingan kembali menghadapi lawan yang begitu berbahaya. Kami akan waspada sejak menit pertama pertandingan. Ini diperlukan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin demi pertemuan kedua,” ucap Schmidt.

Baca juga : Bersama El Real, Rudiger Ngarep Gelar Liga Champions Lagi

Pihaknya juga baru setengah jalan menuju Liga Champions. Timnya menunjukkan performa bagus, meraih hasil bagus, meski itu belum berarti apa-apa.

“Apapun mungkin terjadi dalam sepak bola, dan apapun bisa terjadi di lapangan sepak bola dalam 90 menit,” ujarnya.

Terpisah, hasil mengejutkan disuguhkan oleh tim asal Israel, Maccabi Haifa. Tim yang berusaha lolos ke babak penyisihan grup Liga Champions untuk ketiga kalinya setelah musim 2002-2003 dan 2009-2010 berhasil mengalahkan klub Serbia, Red Star Belgrade 3-2.

Penyerang Haiti Frantzdy Pierrot membawa Maccabi unggul lebih dulu pada menit ke-18. Namun, Red Star berbalik unggul lewat gol yang dicetak Aleksandar Pesic (27’) dan Guelor Kanga (39’) Pierrot kembali mencetak gol untuk menyamakan kedudukan, tidak lama setelah babak kedua dimulai sebelum Tjaronn Chery memastikan tim tuan rumah menang tipis 3-2.

Baca juga : Si Tiga Singa Kembali Apes

Laga leg kedua digelar di Serbia, pekan depan. Sementara itu tim klub Azerbaijan Qarabag dipaksa bermain imbang tanpa gol oleh tim tamu, Viktoria Plzen. Qarabag mendominasi sepanjang laga, baik dalam penguasaan bola maupun kreasi peluang.

Sayangnya penyelesaian akhir mereka tidak maksimal. Sementara, hasil imbang itu sesuai target Viktoria Plzen yang akan memaksimalkan laga kandang di Doosan Arena, Republik Ceko pekan depan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.