Dark/Light Mode

RB Leipzig Vs Manchester City: 1-1

The Citizens Tak Berdaya

Jumat, 24 Februari 2023 07:00 WIB
Riyad Mahrez. (Foto: Net).
Riyad Mahrez. (Foto: Net).

RM.id  Rakyat Merdeka - Tuan rumah RB Leipzig berhasil menahan imbang Manchester City 1-1 pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Red Bull Arena, dini hari kemarin. Klub wakil Jerman ini menunjukkan ketangguhan hadapi serangan tim tamu.

Dilaga tersebut, The Citizens – julukan City, unggul lebih dulu lewat aksi Riyad Mahrez pada menit ke-27. Lalu, RB Leipzig bangkit dan merespons di babak kedua dengan menunjukkan perlawanan impresif sebagai tuan rumah gol balasan Josko Gvardiol pada menit ke-70.

Meski meraih hasil imbang di kandang sendiri, Leipzig tetap bangga. Bahkan, hasil itu membuat mereka masih tak terkalahkan dalam empat pertar­ungan melawan wakil Inggris di kandang.

Baca juga : Liga Champions, Man City Dapat 1 Poin Di Jerman

Pelatih Leipzig, Marco Rose sempat gusar karena di babak pertama skuadnya terhanyut ritme permainan City. Usai jeda, Leipzig akhirnya mampu berkembang.

“Dua babak yang sangat ber­beda. Di babak pertama kami hanya mengejar bola dan kami sangat buruk saat menguasainya. Babak kedua sangat berbeda, kami lebih baik dengan bola, merebutnya kembali lebih baik dan bermain seperti yang kami inginkan,” ucap Rose.

Sementara itu, pelatih Manchester City, Pep Guardiola merasa tetap puas meski gagal memetik kemenangan di markas RB Leipzig. Hasil imbang itu menjadi yang pertama bagi The Citizens gagal menang pada leg pembuka 16 besar dalam dela­pan musim terakhir.

Baca juga : RB Leipzig Vs Man City, Momentum Balas Dendam Citizens

Meski menguasai bola 74 persen dan mencatatkan 12 per­cobaan ke gawang, satu-satunya gol City hanya dilahirkan lewat Riyad Mahrez di babak pertama ketika mereka benar-benar men­dominasi permainan.

Di babak kedua, City tak be­gitu gencar dan justru kebobolan melalui sundulan bek Leipzig, Josko Gvardiol, di menit ke-70. Erling Haaland yang diharap­kan menjadi tumpuan di lini serang City justru tak banyak berkutik dengan penjagaan ketat Gvardiol.

“Saya senang dengan keseluruhan pertandingan, bukan hanya babak pertama. Ini adalah kom­petisi di mana banyak tim besar tersingkir. Jika orang mengharap­kan kami datang ke sini dan me­nang 4-0, saya minta maaf kami tidak bisa untuk melakukannya,” kata Pep Guardiola.

Baca juga : Adu Gengsi Raksasa

Guardiola berjanji akan tampil habis-habisan demi mengalah­kan RB Leipzig di leg kedua yang digelar 15 Maret, menda­tang. “Kami tidak memiliki tim yang bisa bersaing dengan mer­eka saat transisi. Mereka lebih baik dan lebih cepat ketimbang kami, kecuali Kyle (Walker) dan Erling (Haaland).”

Mungkin, kata Guardiola, di laga leg kedua, dirinya akan menampilkan permainan terbai­knya. “Saya akan gila-gilaan dan memainkan sembilan striker. Mereka menundukkan kepala dan saya mengatakan kepada mereka, ‘Mengapa bersedih, ayo angkat kepala kalian!’,” aku Guardiola. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.