Dark/Light Mode

Liga Italia

Selamat, Frosinone Masuk Seri A

Minggu, 7 Mei 2023 06:03 WIB
Klub divisi dua Italia, Frosinone. (Foto : Ist)
Klub divisi dua Italia, Frosinone. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Klub divisi dua Italia, Frosinone, memastikan diri lolos ke Serie A. Kepastian didapat setelah mereka meraih kemenangan 3-1 atas Reggina pada pekan ke-35 Serie B, di Stadion Benito Stirpe, dini hari kemarin.

Sebab, kemenangan tersebut telah memastikan Il Canarin finish di puncak klasemen dengan 71 poin. Kesuksesan lolos ke Serie A ini sekaligus menjadi yang pertama sejak musim 2018/2019.

Baca juga : Erick Pastikan, Naturalisasi 3 Pemain Timnas Beres

Frosinone yang kini diasuh pahlawan Italia di Piala Dunia 2006 Fabio Grosso, unggul empat angka dari Genoa di posisi kedua, dan 10 angka dari Bari di urutan ketiga.

Artinya, dari segi hitung-hitungan, poin Frosinone sudah tak mungkin lagi dikejar karena kompetisi Serie B tinggal menyisakan tiga pertandingan. Andaipun di tiga laga tersisa Frosinone gagal memetik angka, paling tidak mereka hanya finish kedua, tapi mereka tetap lolos ke Serie A karena hanya dua tim teratas yang diambil.

Baca juga : Pesut Etam Ikat Mantan Bek Persebaya

Sementara, peringkat ketiga hingga delapan menjalani play-off untuk memperebutkan satu jatah tersisa untuk naik kasta. Torehan bersama Frosinone ini bisa dibilang jadi prestasi terbaik bagi Grosso sebagai pelatih.

Pria 45 tahun ini sebelum melatih Frosinone sejak 2021 pernah membesut tim primavera Juventus, Bari, Hellas Verona, Brescia dan klub Swiss, FC Sion. Grosso beralih menjadi pelatih mulai 2014 atau dua tahun selepas pensiun sebagai pemain di Juventus.

Baca juga : Nikita Mirzani, Lempar Gelas Ke Suami Siri

Selain Juventus, Grosso juga sempat bermain untuk Olympique Lyon, Inter Milan dan Palermo. Di Palermo, nama Grosso mulai melesat membawanya jadi langganan Timnas Italia. Dia menjadi kunci keberhasilan Italia menjadi juara Piala Dunia 2006.

Grosso bikin satu gol penting di semifinal melawan Jerman untuk membawa Italia menang 3-1. Sementara di final, eksekusi penaltinya memastikan Gli Azzurri juara usai mengalahkan Prancis lewat babak tos-tosan. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.