Dark/Light Mode

Liga Inggris, Hasil Everton Vs Manchester City, Skor 0-3

City Dekati Tangga Juara

Selasa, 16 Mei 2023 07:00 WIB
Ilkay Gundogan. (Foto: Reuters).
Ilkay Gundogan. (Foto: Reuters).

RM.id  Rakyat Merdeka - Manchester City sudah mendekati tangga juara Liga Inggris 2022/2023. Tim berjuluk The Citizens besutan Josep Pep Guardiola itu sukses menggulung Everton 3-0 pada duel pekan ke-36 Liga Premier Inggris 2022/2023.

Bermain di Goodison Park, Minggu (14/5) malam, laga City dan Everton berjalan cukup alot. Sebagai tuan rumah, Everton memberikan perlawanan sengit. Akan tetapi pada akhirnya mereka tak mampu membendung serangan City.

Gelandang City Ilkay Gundogan tampil apik dengan memborong dua gol. Erling Haaland menambah satu gol.

Dengan kemenangan ini, City kini mengemas 85 angka dari 35 laga dan mengokohkan diri di pucuk klasemen.

Baca juga : Misi Perkokoh Klasemen

Sementara, The Toffees- julu­kan Everton, berada di posisi 17 dengan raihan 32 angka dari 36 laga. Meski tertinggal, Everton tak menyerah. Mereka terus ber­juang untuk membikin gol.

Everton butuh hasil positif agar bisa menjauh dari jera­tan zona degradasi. City pun sempat kesulitan membongkar pertahanan Everton. Akan tetapi, kemudian lini belakang The Toffees bisa jebol juga berkat ak­si-aksi brilian Ilkay Gundogan.

Dia mencetak gol pertama dengan cerdik. Meski mendapat umpan dengan posisi membela­kangi gawang, dia masih bisa menjebol gawang Everton den­gan kaki kanannya.

Aksi Gundogan tak berhenti sampai di situ. Dia memberikan assist untuk gol Erling Haaland dan mengunci kemenangan City atas Everton dengan tendangan bebasnya.

Baca juga : Arsenal-Man City Makin Ketat, Setan Merah Keok

Berkat performa briliannya, situs resmi Premier League memilihnya sebagai Man of the Match.

Dari catatan WhoScored, Ilkay Gundogan melepaskan dua percobaan tembakan ke gawang Everton. Semuanya mencapai sasaran dan berbuah gol.

Gundogan juga mengukir dua keypass bagi City. Tiga umpan silang dilepaskannya namun hanya satu yang tepat sasaran. Performa apik dari sang kapten ini membuat Pep Guardiola memujinya.

“Ilkay (Gundogan) menun­jukkan lagi, lagi, dan lagi kualitas dan kepentingannya. Komitmennya kepada kita semua di klub. Bukan hanya mencetak gol, dia memiliki momentu­mnya karena melawan Leeds, dia adalah pemainnya. Dia bisa melakukan segalanya,” ungkap Pep Guardiola seperti dikutip dari The Daily Mail.

Baca juga : Kalah Bersaing, Man City Siap Lepas Kalvin Phillips

Menurut Pep, gelandang City itu tidak banyak bicara. Tapi, jiwa pemimpinnya terlihat ke­tika dia berbicara, semua pemain akan mendengarkan dengan seksama.

“Dia menunjukkan kepemimpinan di setiap sesi latihan. Dia bermain seperti dia bermain sekarang,” katanya. â– 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.