Dark/Light Mode

Final Euro U-21: Inggris Vs Spanyol

Singa Muda Siap Terkam Matador

Sabtu, 8 Juli 2023 07:00 WIB
Anthony Gordon. (Foto: Getty Images)
Anthony Gordon. (Foto: Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Final Euro U-21 2023 yang mempertemukan Inggris kontra Spanyol bakal sengit. Pasalnya, duel yang digelar di Stadion Batumi, Georgia malam ini menjadi ajang gengsi bagi kedua negara.

The Young Lions alias Singa Muda -julukan Inggris meleng­gang ke final dengan dengan rekor sempurna. Tim asuhan Lee Carsley ini mengoleksi rekor 100 persen kemenangan. Di semifinal, Inggris sukses menumbangkan Israel 3-0.

Tiga gol kemenangan Inggris atas Israel masing-masing dicip­takan Morgan Gibbs-White di babak pertama serta Cole Palmer dan Cameron Archer di babak kedua.

Baca juga : Singa Muda Gunduli Israel

Sedangkan, Tim Matador Muda -julukan Spanyol melenggang ke final, setelah mengalahkan Ukraina dengan skor telak 5-1 di Stadionul Steaua, Rumania.

Sebelum berpesta, Spanyol sempat khawatir karena tertinggal lebih dulu. Ukraina memecah kebuntuan lewat Artem Bondanrenko di menit ke-13. Kemudian, Spanyol mampu membalas lima gol lewat Abel Ruiz, Oihan Sancet, Antonio Blanco (54’), Aimar Oroz (68’), dan Sergio Gomez.

Pelatih Inggris, Lee Carsley mengatakan pertahanan yang kokoh menjadi kunci keber­hasilan timnya. Terbukti, dalam lima laga yang sudah dilakoni, Inggris selalu mencetak clean-sheet. Gawang James Trafford belum terkoyak meski Inggris harus menghadapi sejumlah lawan tangguh seperti Jerman, Portugal, hingga Israel.

Baca juga : Matador Muda Siap Ngamuk

Lee Carsley pun mengaku puas dengan progres timnya. Namun, ia tak menepis anggapan bahwa performa Timnas Inggris U21 masih perlu peningkatan. “Masih ada level lain yang harus dilalui tim ini. Mereka benar-benar tumbuh sebagai tim dan mendapatkan semua yang pantas mereka dapatkan,” ujar Lee Carsley.

Di final, Inggris akan menda­pat tantangan yang tidak mudah. Lawan mereka adalah Spanyol U-21 yang juga belum terka­lahkan sepanjang turnamen. Di samping itu, La Rojita merupa­kan tim paling produktif di fase gugur. Spanyol mencatatkan tujuh gol pada babak perempat final dan semifinal.

Pelatih Spanyol, Santi Denia mengapresiasi sepak terjang anak asuhnya. Dia menilai para pemain La Rojita dianggap tampil dengan penuh keya­kinan. “Mereka percaya pada ide permainan ka­mi, dalam menguasai bola, memainkan bola dari belakang, mempercepatnya, saling bekerja sa­ma, dan datang dari kedalaman. Mereka semakin percaya diri dan terus men­jadi lebih kuat,” tutur Denia.

Baca juga : Singa Muda Injak Semifinal

Apalagi, Spanyol punya kepercayaan tinggi di mana sukses pemegang lima gelar juara Euro U-21, sama seperti Italia. Apabila mampu mengalahkan Inggris pada akhir pekan ini, Spanyol bisa mengukuhkan diri sebagai tim paling sukses sepanjang sejarah Euro U-21 dengan raihan enam gelar juara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.