Dark/Light Mode

Juara Tenis Wimbledon 2023

Vondrousova Kaget Dan Bangga

Senin, 17 Juli 2023 07:00 WIB
Marketa Vondrousova. (Foto: AFP)
Marketa Vondrousova. (Foto: AFP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kejutan terjadi di ajang tenis Grand Slam Wimbledon 2023. Petenis non unggulan asal Republik Ceko, Marketa Vondrousova berhasil meraih gelar juara, setelah menaklukkan petenis unggulan keenam asal Tunisia, Ons Jabeur 6-4 dan 6-4 di Centre Court, London, Inggris.

Vondrousova menjadi petenis non unggulan pertama yang menjadi juara di All Eng­land Club. Bagi petenis berusia 24 tahun, ini merupakan gelar Grand Slam pertamanya di laga final keduanya, setelah sebelum­nya kalah dari Ash Barty di laga final Prancis Terbuka 2019.

Baca juga : The Djoker Kejar Sejarah

“Setelah segala yang telah saya lalui, saya bahkan digips di Wimbledon tahun lalu, rasanya luar biasa bisa berada di sini dan memegang trofi ini,” ungkap Vondrousova, yang absen karena cedera pergelangan tangan pada 2022.

“Saya tidak tahu bagaimana saya bisa melakukan ini. Tenis benar-benar gila,” lanjutnya.

Baca juga : Libas Aryna Sabalenka, Jabeur Mulus Ke Final

Atas pencapaian ini, Von­drousova menjadi petenis ketiga asal Republik Ceko yang berhasil meraih juara Wimbledon, setelah Jana Novotna dan Petra Kvitova.

Dia juga menjadi petenis non unggulan kesembilan yang suk­ses menjadi juara Grand Slam. Gelar juara Wimbledon melengka­pi comeback luar biasa Vondrouso­va setelah serangkaian cedera mengganggu karier tenisnya.

Baca juga : Svitolina Menang, Azarenka Dicemooh

Dua belas bulan lalu, dia ha­nya bisa menonton Wimbledon karena cedera. Operasi kedua pada pergelangan tangannya membuat Vondrousova mem­buat peraih medali perak Olimpiade itu absen selama enam bulan. Meski begitu, saat absen, Vondrosuova melangsungkan pernikahan.

“Melakukan comeback tidak pernah mudah. Anda tidak per­nah tahu apa yang akan Anda raih. Saya memang behrarap bisa mencapai level ini dan saya kini telah melakukannya,” imbuhnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.