Dark/Light Mode

Bamsoet Dukung UI Racing Team Ikuti Kejuaraan Formula Student Czech, Ceko

Rabu, 26 Juli 2023 21:06 WIB
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (kedua kiri) menerima UI Racing Team, di Jakarta, Selasa (26/7). (Foto: Istimewa)
Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo (kedua kiri) menerima UI Racing Team, di Jakarta, Selasa (26/7). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung penuh mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam UI Racing Team yang akan mengikuti kejuaraan Formula Student Czech pada 7-12 Agustus 2023 di Autodrom, Most, Czech, Ceko. Bamsoet mengajak Kedutaan Besar RI di Czech turut membantu para personil UI Racing Team selama mereka berada di sana. Mengingat kehadiran UI Racing Team juga membawa nama besar Indonesia.

Formula Student Czech merupakan kejuaraan balap antar mahasiswa tingkat dunia yang diikuti 60 tim dari berbagai negara. UI Racing Team merupakan sebuah tim riset mahasiswa yang melakukan desain, manufaktur, dan balap sebuah mobil formula.

Baca juga : Barikade 98 Dukung Kebijakan Hilirisasi Presiden Jokowi

"Personil UI Racing Team yang berangkat ke Czech berjumlah 16 orang. Mereka merakit sendiri kendaraan balap Formulanya. Dari mulai desain hingga manufaktur. Mobilnya menggunakan mesin motor 650 CC Kawasaki Ninja ER6n. Suspensi menggunakan ohlins untuk formula student edition. Selain juga ditunjang penggunaan aerodinamis yang terbuat dari carbon fiber," ujar Bamsoet, usai menerima UI Racing Team, di Jakarta, Selasa (26/7).

UI Racing Team yang hadir antara lain Ketua Tim sekaligus Driver Allansyah Putra Dewantoro, Perwakilan Divisi Teknikal Akmal Zaki Ihsani, serta Perwakilan Divisi Non Teknikal Putri Azzahra Khairunnisa.

Baca juga : Bamsoet Juara I Duel Plate Eksekutif Kejuaraan Menembak Menkumham Cup 2023

Ketua MPR ini menjelaskan, walaupun masih berstatus mahasiswa, UI Racing Team membuktikan bahwa generasi muda bangsa ternyata punya bakat luar biasa dalam melahirkan kendaraan balap bergaya formula. Karena itu keikutsertaan mereka dalam Formula Student Czech harus didukung berbagai pihak. Dari mulai negara melalui BUMN hingga kalangan swasta dengan terlibat langsung menjadi sponsor.

"Jika di-support dengan baik, mereka akan memiliki pengalaman luar biasa karena bisa ikut serta dalam kejuaraan internasional sehingga kelak bisa menjadi pembalap, engineer, maupun pelaku industri olahraga balap yang membanggakan bagi Indonesia. Mengingat dalam event tersebut, tidak hanya terdapat kejuaraan balap melainkan juga ada kejuaraan lainnya, seperti business plan, cost report, serta design engineering competition," jelas Bamsoet.

Baca juga : Bamsoet Raih Juara II Eksebisi Kejuaraan Menembak Kapolri Cup 2023

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, UI Racing Team sebelumnya juga telah menorehkan berbagai prestasi membanggakan. Antara lain, Top 5 Formula Japan 2018, Juara 3 Endurance Event dalam ajang IIMS 2029, Juara 1 Business Event dalam ajang IIMS 2019, Top 5 Business Plan dalam ajang Formula Bharat 2022 dan Top 6 Engineering Design dalam ajang Formula Bharat 2022.

"Dengan telah melalui persiapan yang matang serta dukungan dari berbagai pihak, kita doakan UI Racing Team bisa memberikan yang terbaik selama mengikuti Formula Student Czech. Sekaligus bisa belajar banyak dan mendapatkan berbagai tambahan ilmu pengetahuan dari kejuaraan tersebut," pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.