Dark/Light Mode

BRI Liga 1

Persebaya Vs Persija, Bajul Ijo Mengenang Musim 2019

Minggu, 30 Juli 2023 09:51 WIB
Para pemain Persija Jakarta di pentas Liga 1. (Foto : LIB)
Para pemain Persija Jakarta di pentas Liga 1. (Foto : LIB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Malam ini, Minggu (30/7) pukul 19.00 WIB, Persebaya Surabaya menghadapi ujian berat bertemu Persija Jakarta pada laga pekan ke-5 BRI Liga 1 2023/24 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Kegagalan meraih kemenangan di tiga laga terakhir di awal musim ini membuat tim bertekad mengakhiri tren negatif dengan memetik hasil positif di kandang Persija.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso meminta pemain untuk tampil dengan motivasi tinggi apalagi mereka berlaga di stadion terbaik yang ada di Indonesia.

Dia ingin mengulang memori manis saat mengalahkan Persija dengan skor 1-2 pada kompetisi musim 2019 lalu di tempat yang sama.

Ripal Wahyudi dkk diminta tidak gentar dengan tekanan yang diberikan oleh ribuan suporter Persija saat pertandingan berlangsung.

Baca juga : Barito Putera Vs Madura United: Setop, Bicara Head To Head!

“Setelah official training, saya sampaikan kepada semua pemain. Bermain di Senayan saya sampaikan dengan lapangan lebar dan megah serta rumput yang bagus dan penonton banyak seharusnya pemain-pemain bergembira,” kata Aji Santoso.

“Harus happy, harus enjoy karena aksi-aksi pemain akan disaksikan banyak penonton. Jadi menurut saya justru senang banyak penonton karena itu menarik. Saya tekankan pemain untuk bermain lepas,” imbuhnya.

Sementara soal kekuatan lawan, dia menilai semenjak Persija ditukangi pelatih top asal Jerman, Thomas Doll lebih banyak mengandalkan kolektivitas permainan tim. Hal itulah yang menjadi kewaspadaan tersendiri bagi Persebaya.

“Saya lihat semenjak Persija dilatih Thomas Doll lebih mengedepankan kolektivitas tim yang dimana tidak terlalu mengandalkan satu dua pemain meskipun saya lihat Simic (Marko) tidak bisa main,” jelas pelatih berlisensi AFC A Pro itu.

“Tetapi menurut saya ini bukan suatu keuntungan kami karena Coach Thomas ini mengedepankan kolektivitas,” tutupnya.

Baca juga : Ini Hasil Persita Vs Persikabo Dan Bhayangkara Vs PSM

Di sisi lain, Persija Jakarta tengah dibayangi hasil negatif. Pada pekan terakhir kontra Persita (22/7), Macan Kemayoran menelan kekalahan. Jadi, pelatih Persija, Thomas Doll mengharapkan penampilan yang berbeda dari pemain asuhannya di laga vs Persebaya.

Pelatih berkebangsaan Jerman itu menambahkan bahwa fokus persiapan melawan tim berjulukan Bajul Ijo itu adalah latihan taktikal.

“Setelah kami berbicara mengenai laga terakhir, persiapan tim lebih banyak taktikal dan banyak berlatih situasi satu lawan satu. Saya berharap persiapan ini membawa perbedaan,” ucap Thomas Doll.

Tidak hanya itu pelatih asal Jerman itu telah mengevaluasi performa timnya ketika kalah 0-1 dari Persita Tangerang pekan lalu. Dia pun melakukan perubahan taktik selama latihan.

"Saya ingin melihat perbedaan (penampilan) dari minggu lalu di laga besok. Lagi pula kami bermain di laga kandang, jadi para pemain tidak mau melakukan hal yang sama seperti di laga sebelumnya," ucapnya.

Baca juga : Sore Ini, Persikabo Ditantang Persita Tangerang

Mantan pelatih Borussia Dortmund itu menekankan akan menjadikan partai kontra Persebaya sebagai momentum untuk bangkit.

“Kali ini kami bermain di kandang, banyak pemain yang tidak puas dengan hasil di laga terakhir. Jadi saya ingin para pemain harus bermain lebih baik dan penuh energi,” tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.