Dark/Light Mode

Kecewa Taktik Barcelona

Lewandowski Salahkan Xavi

Kamis, 31 Agustus 2023 07:00 WIB
Robert Lewandowski. (Foto: Getty Images)
Robert Lewandowski. (Foto: Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Striker Barcelona, Robert Lewandowski kecewa pada taktik pelatih Xavi Hernandez di awal musim ini. Dia tidak mendapat dukungan cukup di lapangan, sehingga tak lagi tajam seperti musim lalu.

Awal musim ini, eks pemain Bayern Munchen itu hanya mencetak satu gol dari tiga laga yang dimainkan. Sedangkan musim lalu, sukses mencetak empat gol dalam jumlah laga sama.

Kepada 𝘛𝘩𝘦 𝘔𝘢𝘳𝘤𝘢, Lewandowski mengungkapkan, catatan satu gol dari tiga laga itu karena taktik diterapkan Xavi sudah berubah. Perubahan itu membuat pemain Timnas Polandia itu tak lagi mendapatkan sokongan seperti yang biasa ia dapatkan pada musim lalu.

Baca juga : Menang, Blaugrana Girang

“Kami adalah Barca yang biasa memainkan sepak bola menyerang. Tetapi, akhir-akhir ini hal itu tak berjalan seba­gaimana mestinya. Kami jadi seperti harus berjuang sendiri untuk menciptakan lebih banyak peluang dalam pertandingan,” tuturnya.

Pemain yang pekan lalu baru merayakan ultah ke-35 tahun itu menilai, taktik baru Xavi lebih menunjukkan bertahan, walau bermain dengan cukup banyak penyerang sejak awal pertandin­gan. “Ketika kita melihat Ferran Torres atau Ansu Fati masuk, dua pemain yang maju ke depan, kita menciptakan lebih banyak peluang,” katanya.

“Terkadang, ketika kami ber­main dengan cukup banyak pemain menyerang, saya tidak mendapat dukungan,” imbuh Lewandowski.

Baca juga : 2 Hari Lagi, Barcelona Tentukan Nasib Guendogan

Saat seperti itu, dirinya terka­dang harus menciptakan peluang sendiri demi bisa mencetak gol. Hal itu terpaksa dilakukan kare­na dirinya sudah merasa frustasi karena minimnya dukungan dari para pemain Barcelona di lapangan.

“Saya pikir dengan pengala­man saya, ketika saya tidak mendapat dukungan, saya men­cari solusi terbaik dengan mem­buat peluang sendiri. Ini karena saya memang tidak lagi menda­pat dukungan,” tuturnya.

Meski demikian, setelah mencetak gol pertamanya musim ini dalam kemenangan 4-3 atas Villarreal akhir pekan lalu, Lewandowski berharap situasi semacam ini kedepan akan membaik.

Baca juga : 91 Negara Alami Konflik Global, Jokowi Nyalakan Alarm Lagi

Barcelona sendiri dijadwalkan akan menghadapi Osasuna pada laga lanjutan La Liga, akhir pe­kan nanti. Pertandingan ini juga menarik disimak untuk melihat apakah Xavi akan memainkan Torres dan Fati sebagai pemain inti.

Seperti diketahui, Torres ber­hasil mencetak gol saat meng­hadapi Cadiz dan Villarreal setelah masuk sebagai pemain pengganti. Sementara itu, Fati telah dikaitkan dengan kepin­dahannya dari Barcelona, dan belum pernah tampil sebagai starter di La Liga sejauh musim ini.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Kamis 31/8/2023 dengan judul Kecewa Taktik Barcelona, Lewandowski Salahkan Xavi

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.