Dark/Light Mode

Kualifikasi Piala Asia U-23

Harimau Malaya Ngebet Rebut Status Raja

Rabu, 6 September 2023 06:06 WIB
Timnas Malaysia di ajang Piala Asia 2023. (Foto : Ist)
Timnas Malaysia di ajang Piala Asia 2023. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim U-23 Malaysia U-23 sesumbar akan merebut status sebagai ‘Raja Asia Tenggara’ dari tangan Thailand. Tapi, Malaysia diprediksi tidak akan mudah merebut gelar tersebut.

Tim asuhan Elangowan Elavarasan itu akan bersaing dengan Thailand di Grup H Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Selain itu, grup tersebut dihuni Bangladesh dan Filipina.

Pelatih Malaysia Elangowan Elavarasan optimistis bisa mengalahkan pasukan dari Negeri Gajah Putih itu. Sebelumnya, Malaysia menumbangkan Indonesia U-23 dengan skor 2-1 di matchday pertama Grup B Piala AFF U-23 2024.

Setelah kemenangan itu, tim berjuluk Harimau Malaya ini optimistis menyapu bersih seluruh pertandingan dengan poin penuh.

Baca juga : Kualifikasi Piala Asia, Rizky Ridho Cs Fokus Pulihkan Fisik

“Kami datang dengan tujuan menang dan pemain dapat mencapai target tersebut,” kata Elangowan Elavarasan usai pertandingan Malaysia U-23 vs Timor Leste, Kamis, 24 Agustus 2023.

Setelah ucapan tersebut, Malaysia U-23 tak pernah lagi meraih kemenangan. Malaysia U-23 dihajar Vietnam U-23 dengan skor 4-1 di semifinal.

Kemudian di perebutan posisi tiga, Malaysia U-23 dipermalukan tuan rumah Thailand U-23 via adu penalti. Untuk lolos ke Piala Asia U-23 2024, Malaysia U-23 wajib finish sebagai juara grup atau merebut status empat runnerup terbaik.

Lolos melalui jalur juara grup agak sulit karena Malaysia U-23 harus berhadapan langsung Thailand U-23 yang turun dengan skuad terbaik. Karena itu, Timnas Malaysia U-23 bisa membidik lolos lewat jalur empat runner-up terbaik. Namun, usaha Malaysia U-23 lolos lewat jalur ini juga takkan mudah.

Baca juga : Skuad Garuda Muda Butuh Darah Segar

Sebab, Malaysia U-23 bakal bersaing dengan tim-tim kuat lain yang diprediksi finis sebagai runner-up grup seperti Turkmenistan, Lebanon, Tajikistan, Uni Emirat Arab, Kuwait, Iran, Bahrain, Yaman, Kirgizstan dan Suriah.

Malahan bukan tak mungkin, Malaysia U-23 berpotensi terpeleset saat bersua Filipina U-23. Di Piala AFF U-23 2023, Filipina U-23 hanya kalah 0-1 dari Vietnam U-23, tim yang membantai Malaysia U-23 dengan skor 1-4.

Dengan demikian, bentrokan antara Malaysia dan Thailand pada Selasa 12 September 2023 diprediksi akan menjadi duel perebutan juara grup.

Gelandang Malaysia Mukhairi Ajmal mengaku akan memberikan kejutan di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024. “Kami punya tujuan, kami ingin memberikan kejutan. Kami berada di bawah tekanan, kami kurang termotivasi dengan (serangkaian) kekalahan sebelumnya. Jadi kami berusaha memotivasi diri untuk bangkit,” ujar Mukhairi dilansir dari Stadium Astro.

Baca juga : Malaysia Vs Timnas, Harimau Malaya Waspada Kekuatan Garuda Muda

Dia yakin bisa lolos ke fase selanjutnya lantaran adanya dua pemain yang diklaim bisa membawa Malaysia berjaya.

“Saya berharap kehadiran Luqman dan Noaa membawa kebaikan bagi tim karena bermain di luar. Saya berharap mereka bisa beradaptasi dengan situasi karena mereka baru akan bergabung dengan teman-temannya,” harapnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.