Dark/Light Mode

Turnamen Badminton BWF China Open 2023

Minionswati Angkat Koper

Sabtu, 9 September 2023 07:00 WIB
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. (Foto: PBSI)
Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti. (Foto: PBSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pasangan ganda putri Indone­sia gagal melaju ke semifinal turnamen badminton BWF China Open 2023. Pasangan yang kerap dijuluki Minions­wati oleh warganet ini keok dari ganda putri Korea, Baek Ha Na/Lee So Hee.

Pada laga di Olympic Sport Center Gymnasium Chang Zhou, China, kemarin, pasangan Apriani/Fadia harus angkat koper dari turnamen super 1.000 berhadiah total 2 juta dolar Amerika atau setara dengan Rp 30,5 miliar itu.

Apri/Fadia harus kalah tiga gim dari ganda peringkat dua dunia asal Korea, Baek Ha Na/Lee So Hee dengan skor 15-21, 21-18, 10-21. Atas kekalahan ini, Apriani/Fadia gagal melaju ke semifinal.

Baca juga : Vito Ganyang Harimau Malaya

Meski kalah, Apriyani/Siti Fadia mengatakan tidak ingin pa­tah semangat. “Alhamdulillah, tetap bersyukur, walau terhenti di perempat final karena kami merasa permainan kami lebih enak, lebih nyaman, lebih lepas, dan saling percaya satu sama lain. Semangat ini mau kami bawa terus di pertandingan-pertandingan ke depan,” kata Apriyani dikutip dari keterangan tertulis PBSI.

Mengenai jalannya pertandingan, Apriyani mengakui di gim pertama, mereka kesulitan mengimbangi pola permainan lawan. “Mereka memanjangkan bola lalu menyergap kami di depan. Di gim kedua, giliran kami mengandalkan pola per­mainan seperti itu dan berhasil,” ujarnya.

“Di gim ketiga memang kami akui faktor fokus pikiran sudah menurun, kami kelelahan,” aku Apriyani.

Baca juga : Ganda Campuran Indonesia Habis Di China Open 2023

Peraih medali emas Olimpiade 2020 Tokyo itu melanjutkan, fokus pikiran inilah akan menja­di salah satu hal untuk diperbaiki ke depannya. “Ini yang harus kami siapkan lagi, bagaimana bermain konsisten di setiap laga, di setiap turnamen yang jadwal­nya padat. Pikiran, hatinya harus dikuatkan lagi. Badan juga pasti capek tapi bila pikiran dan hati kami kuat, badan akan mengi­kuti,” kata Apriyani.

Senada, Fadia menambahkan, konsistensi jadi hal penting yang harus mereka pertahankan agar bisa melaju jauh di turnamen-turnamen penting lainnya.

“Dari pertemuan terakhir sebenarnya tidak ada yang berubah dari permainan mereka. Tapi tadi memang siapa yang paling konsisten setiap poinnya, dia yang akan lebih unggul. Mereka lebih pintar mengatasi kondisi lapangan yang kalah dan menang angin seperti ini,” jelas Fadia.

Baca juga : Ginting Dan Daddies Terhempas

Pasangan yang meraih medali perak Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2023 itu melanjutkan, Fadia sempat meminta bantuan medis. Namun, Fadia memas­tikan tidak cedera melainkan hanya kelelahan saja.

“Iya tadi sempat minta spray tapi mungkin ini hanya faktor kelelahan saja, bukan cedera yang serius. Apalagi kami kan dari babak pertama bertemu lawan yang tidak mudah,” ujar Fadia.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu 9/9/2023 dengan judul Turnamen Badminton BWF China Open 2023Minionswati Angkat Koper

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.