Dark/Light Mode

BRI Liga 1

Kalah Pada Derbi Jatim, Momen Pembelajaran Singo Edan

Selasa, 26 September 2023 11:35 WIB
Para pemain Arema FC saat latihan. (Foto : Ist)
Para pemain Arema FC saat latihan. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih anyar Arema FC, Fernando Valente terus mengevaluasi anak asuhnya usai mengalami kekalahan telak pada laga pekan ke-13 BRI Liga 1 2023/24 melawan Persebaya Surabaya.

Persebaya Surabaya berhasil mengalahkan Arema FC dengan skor akhir 3-1 pada laga bertajuk Derby Jatim dalam lanjutan pekan ke-13 BRI Liga 1 musim 2023/2024. Pertandingan tersebut berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya pada Sabtu sore (23/9/2023) WIB. 

Kemenangan ini sukses membuat Persebaya Surabaya kembali ke papan atas klasemen sementara BRI Liga 1. Saat ini skuad Bajul Ijol menghuni peringkat ke-6 klasemen dengan mengemas total 21 poin. Sementara Arema di posisi 13 dengan hanya 10 poin.

Baca juga : Qarrar Firhand 2 Kali Tercepat di Pemanasan Jelang Kejuaraan Dunia di Italia

"Saya tahu ini pertandingan yang sulit dan saya juga tahu potensi dari Persebaya, kadang kami butuh pertandingan seperti ini untuk kami belajar," ujar pelatih Fernando.

Dia menilai pemain muda yang diturunkan di sektor bek masih perlu jam terbang untuk mengasah skill dan kemampuan. Terutama saat menghadapi lawan yang mengandalkan pressing tinggi.

Saat itu Fernando Valente menurunkan duo bek tengah pada laga kontra Persebaya yakni Charles Almeida dan Syaeful Anwar. Keduanya ditopang duo bek kiri dan kanan, Mikael Tata dan Ahmad Maulana.

Baca juga : Malam Ini, Pesut Etam Tantang Juara Bertahan

Empat pemain belakang ini menjadi titik lemah Arema FC sehingga gampang sekali ditembus lini serang Persebaya.

"Saya tahu ada masalah di pertahanan Arema FC. Saya sudah melakukan pergantian pemain belakang saat latihan sebelum pertandingan karena ada beberapa pemain cedera," katanya.

Dia mengatakan sebelum pertandingan sudah mencoba beberapa opsi pemain belakang. Namun, eksperimen yang dilakukan tidak berhasil.

Baca juga : Teco Puas Tahan Imbang Macan Kemayoran

Termasuk posisi asli Charles Almeida yang gelandang bertahan, tetapi di Arema FC bertransformasi menjadi bek tengah.

"Kami bermain dengan pemain muda dengan opsi kedua, kami sudah berusaha dengan taktik organisasi permainan yang kami buat, tidak masalah kami tidak menang, tapi kami belajar dari pertandingan ini," tutur Fernando Valente.

"Kami butuh waktu. Dua pemain muda kami masih belum berpengalaman dan mereka membuat kesalahan, tetapi itu adalah sebuah proses," tandasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.