Dark/Light Mode

Indonesia Vs Brunei Darussalam

Garuda Bertabur Bintang

Kamis, 12 Oktober 2023 07:00 WIB
Sejumlah pemain Timnas Indonesia mengikuti sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (11/10/2023). (Foto: Antara)
Sejumlah pemain Timnas Indonesia mengikuti sesi latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (11/10/2023). (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Dari catatan pertemuan, Indonesia telah 11 kali bertemu Brunei sebelumnya. Tim Garuda meraih kemenangan dalam tu­juh pertandingan, sedangkan dua pertandingan berakhir seri. Indonesia juga pernah menga­lami dua kali kekalahan dari negara yang terletak di Pulau Kalimantan tersebut.

Namun, kekalahan terakhir Indonesia saat bertemu Brunei terjadi sudah lama, tepatnya 33 tahun silam. Saat itu, Garuda menyerah 0-1 di Pesta Sukan Merdeka pada 1999 silam.

Baca juga : Pemerintah Genjot Hilirisasi

Hasil seri terakhir yang dipe­tik Indonesia kala berhadapan dengan Brunei juga sudah lama. Tepatnya pada 37 tahun silam, yakni pada ajang SEA Games 1985. Saat itu, tim Garuda memetik hasil seri 1-1.

Pertemuan terakhir kedua tim terjadi Piala AFF, 22 Desember 2022 lalu. Dalam pertandingan di Kuala Lumpur, Malaysia, Indonesia menghancurkan Brunei dengan skor 7-0.

Baca juga : Tim Garuda Nggak Anggap Remeh Lawan

Gol-gol kemenangan tim asu­han STY dilesakkan Syahrian Abimanyu, Dendy Sulistyawan, Egy Maulana Vikri, Ilija Spasojevic, Ramadhan Sananta, Marc Klok, dan Yakob Sayuri.

Indonesia kerap memetik kemenangan telak melawan Brunei. Selain meraih kemengan 7-0 di Piala AFF, sebelumnya Indonesia juga menelan Brunei, 5-0, pada laga internasional 16 September 2012.

Baca juga : Witan Siap Unjuk Kemampuan Lawan Brunei Darussalam

Pada SEA GAmes 1999, Garuda juga menang telak 3-0. Pada Pesta Sukan Merdeka 1990, Indonesia juga menang 3-0 atas Brunei. Sementara pada SEA Games 1989, pasukan Garuda kembali memetik kekalahan dengan selisih telah, 5-0.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.