Dark/Light Mode

Laga Persahabatan

Inggris Vs Australia, Tiga Singa Ngasah Kuku

Kamis, 12 Oktober 2023 12:38 WIB
Para pemain timnas Inggris. (Foto : Ist)
Para pemain timnas Inggris. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Inggris siap menyambut Australia dalam laga persahabatan Friendly FIFA Matchday di Stadion Wembley, London, pada Sabtu (14/10/2023), pukul 01.45 WIB.

Kedua tim sudah tujuh kali bertemu dalam pertandingan persahabatan. Inggris hanya kalah sekali dengan skor 3-1 pada 2003 di bawah asuhan Sven-Goran Eriksson.

Pertemuan terakhir berakhir 2-1 untuk kemenangan The Three Lions pada 2016. mana Marcus Rashford yang kala itu berusia 18 tahun menjadi pemain Inggris termuda yang mencetak gol dalam debutnya.

Menghadapi Australia, Bukayo Saka ditarik dari skuad karena mengalami cedera hamstring.  Ia kini harus beristirahat cukup dengan Ben Chilwell, Callum Wilson, Eberechi Eze, Luke Shaw, Reece James, dan Tyrone Mings.

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate tidak menambah pemain untuk menggantikan Saka. Sementara itu, Raheem Sterling meninggalkan skuad. Eddie Nketiah dan Levi Colwill masuk skuad The Three Lions. Begitu pula dengan Jarrod Bowen dan Ollie Watkins.

Di kubu Australia, gelandang  Riley McGree mengalami cedera kaki sehingga posisinya akan digantikan oleh Aiden O’Neill. Alessandro Circati, Lewis Miller, dan Tom Glover menantikan caps pertama mereka.

Baca juga : Piala Eropa 2024, Tiga Singa Tanpa Saka

Bailey Wright, Jamie MacLaren, dan Mathew Leckie tidak masuk skuad Australia juga tidak masu. Mathew Ryan akan menjadi kapten untuk Socceroos. Massimo Luongo dari Ipswich Town akan menjadi starter.

Gareth Southgate juga mengungkap alasan masih terus memanggil Jordan Henderson ke Timnas Inggris. Ia lebih memilih memanggil Henderson ketimbang James Ward-Prowse.

Southgate masih tetap memanggil Jordan Henderson. Meski pemain 33 tahun ini bermain di Liga Arab Saudi bersama Al Ittifaq. Liga Arab Saudi dianggap punya kualitas yang jauh di bawah liga-liga top Eropa.

Southgate lebih memilih Henderson ketimbang James Ward-Prowse yang tampil menawan bersama West Ham United. Ward-Prowse telah mengemas dua gol dan tujuh assist untuk The Hammers musim ini.

“Kemampuan fisiknya masih prima. Pertandingan di Arab Saudi tidak memiliki intensitas yang sama dengan pertandingan di sini. Panas adalah satu penyebabnya,” ujar Southgate dikutip dari Joe.

“Kami melihat pertandingannya dengan cara yang sama seperti kami menghadapi permainan pemain lain. Ini adalah perjalanan yang lebih panjang dan dalam beberapa bulan pertama ini kami merasa lebih penting untuk menyaksikan sebanyak mungkin pertandingan secara langsung, secepat mungkin, dengan berkeliling negara kami lebih sering,” terang Gareth Soutgate.

Baca juga : Arsenal Vs Man City, Guardiola: Ini Laga Biasa

Pertandingan melawan Inggris adalah pertandingan keempat Socceroos. Timnas Australia melawan tim berkualitas tinggi dalam beberapa bulan terakhir setelah pertandingan melawan Ekuador, pemenang Piala Dunia Argentina dan Meksiko.

Ini bagian dari upaya Arnold menjadikan timnya berkelas dunia menjelang tugas besar, termasuk Piala Asia pada tahun 2024 dan Piala Dunia berikutnya pada tahun 2026.

“Preferensi saya setelah Piala Dunia ketika saya kembali menandatangani kontrak adalah bermain melawan tim papan atas karena itulah satu-satunya cara kami belajar,” katanya.

“Jika Anda bermain melawan lawan yang mudah, Anda tidak akan belajar dan kami telah menjalani pertandingan melawan Ekuador, Argentina, dan Meksiko, dan para pemain telah belajar banyak. Kami punya dua pertandingan dalam seminggu dan itu akan menguji kedalaman skuad dan ini adalah peluang fantastis,” terang Graham Arnold.

“Kami punya beberapa pemain yang cedera dan ini memberikan kesempatan kepada para pemain yang bermain bagus di level klub untuk menunjukkan kepada kami apa yang bisa mereka lakukan,” katanya.
“Melalui semua kerja keras untuk Mass Luongo, dia benar-benar layak dipanggil, dia tampil luar biasa di Ipswich,” lanjut Arnold.

“Ketika saya pertama kali mengambil alih, dia adalah bagian integral dari pengaturan dan rencana ke depan, tetapi dia telah mengalami cedera selama beberapa tahun dan Anda dapat melihat dia berada dalam kondisi yang sangat bahagia secara mental, dan dia benar-benar layak dipanggil,” Graham Arnold melanjutkan.

Baca juga : Airlangga: Perusahaan Teknologi Jangan Cuma Jualan, Tapi Juga Berkantor di RI

Prediksi Susunan Pemain 
Timnas Inggris (4-2-3-1) : Aaron Ramsdale; Kyle Walker, Lewis Dunk, Marc Guehi, Kieran Trippier; Kalvin Phillips, Declan Rice; Phil Foden, Jude Bellingham, Marcus Rashford; Harry Kane.
Pelatih: Gareth Southgate.

Timnas Australia (4-3-3) : Ryan; Atkinson, Souttar, Rowles, King; McGree, Metcalfe, Hrustic; Leckie, Maclaren, Borrello.
Pelatih: Graham Arnold.


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.