Dark/Light Mode

Kualifikasi Euro: Yunani Vs Belanda 0-1

Nasib Tim Oranye Ditentukan November

Rabu, 18 Oktober 2023 07:00 WIB
Virgil van Dijk. (Foto: Twitter @OnsOranje)
Virgil van Dijk. (Foto: Twitter @OnsOranje)

RM.id  Rakyat Merdeka - Timnas Belanda berhasil membuka peluang lolos ke putaran final Euro 2024, usai menang tipis atas tuan rumah Yunani 1-0 di Stadion Agia Sophia, Athena, dini hari kemarin. Gol semata wayang tersebut dicetak Virgil van Dijk melalui titik penalti.

Atas hasil tersebut, Tim Oranye - julukan Belanda, men­duduki peringkat kedua Grup B Kualifikasi Piala Euro 2024 dengan 12 poin, atau di bawah Prancis yang sudah lebih dulu mengamankan tiket ke Jerman.

Meski mengantongi poin yang sama dengan Yunani, Belanda unggul head to head, setelah menang di laga tandang dan kandang melawan Yunani.

Baca juga : Hokky Caraka Brace, Timnas Bantai Brunei 3-0 Di Babak Pertama

Kini, nasib Belanda akan diten­tukan saat menjamu Irlandia pada 18 November sebelum bertandang ke markas tim papan bawah Gibraltar, tiga hari kemudian.

Di laga tersebut, Belanda berpeluang unggul di babak pertama, tapi eksekusi penalti Wout Weghorst berhasil ditahan kiper Yunani.

Beruntun, Van Dijk tidak melakukan kesalahan yang sama di akhir laga. Hadiah penalti itu diberikan setelah Denzel Dumfried dijatuhkan di kotak terlarang. Van Djik, yang men­jadi eksekutor, sukses men­jalankan tugasnya.

Baca juga : Bekuk Yunani, Van Dijk Cs Masih Menggantung

Pelatih Belanda Ronald Koeman mengatakan, sebenarnya laga ini berbahaya bagi Negara Kincir Angin tersebut. Pasalnya, De Oranje harus meraih kemenangan setelah kalah 1-2 dari Prancis di Amsterdam, Sabtu (15/10/2023).

“Mereka (Yunani) akan menggunakan segalanya un­tuk mendapatkan hasil yang mereka butuhkan. Saya da­pat mengatakan bahwa kami akan menang, tetapi kami lebih memilih menunjukkannya di lapangan. Ini pertandingan yang berbahaya,” tutur Koeman dilan­sir football-oranje.

Di pertemuan sebelumnya, Belanda berhasil mengalahkan Yunani 3-0 pada pertemuan pertama bulan lalu. Catatan itu menjadi modal bagus bagi De Oranje untuk membuka harapan­nya meraih tiket ke Euro 2024.

Baca juga : Ada Penembakan, Laga Swedia Vs Belgia Disetop

“Kami mengambil banyak hal dari pertandingan pertama melawan Yunani (menang 3-0), tapi mereka juga bisa mengam­bil pelajaran dari hal itu,” jelas pelatih berusia 60 tahun itu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.