Dark/Light Mode

Kualifikasi Euro: Yunani Vs Belanda 0-1

Nasib Tim Oranye Ditentukan November

Rabu, 18 Oktober 2023 07:00 WIB
Virgil van Dijk. (Foto: Twitter @OnsOranje)
Virgil van Dijk. (Foto: Twitter @OnsOranje)

 Sebelumnya 
Jika kalah, peluang Belanda lolos otomatis ke Euro akan hilang dan Yunani akan unggul enam poin dengan hanya dua pertand­ingan tersisa untuk Oranje. Jika Belanda finish terbaik ketiga, mereka masih memiliki kesem­patan lolos ke Euro 2024 lewat jalur playoff dengan menjalani dua pertandingan.

Ronald Koeman menuturkan, Virgil van Dijk sejatinya bukan penendang penalti utama. Tidak seorang pun di dalam skuad Belanda yang jadi spesialis ten­dangan 12 pas tersebut.

“Kami tidak memiliki spe­sialis dalam penalti, tendangan sudut dan tendangan bebas,” beber Koeman di laman resmi Euro 2024.

Baca juga : Hokky Caraka Brace, Timnas Bantai Brunei 3-0 Di Babak Pertama

“Jadi, saat Virgil yang ternyata mengambil penalti itu, saya berpikir, ‘Malam ini tidak akan buruk-buruk amat kalau tendan­gannya bermasalah’. Namun, van Dijk menendangnya den­gan baik dan menentukan hasil pertandingan,” ucapnya lagi.

Belanda sebenarnya menda­pat total dua penalti melawan Yunani. Penalti pertama diberi­kan oleh wasit utama Alejandro Jose Hernandez di menit ke-28. Algojonya saat itu bukan van Dijk, melainkan Wout Weghorst. Sayang, tembakannya dibaca dan diselamatkan oleh Vlachodimos.

“Di babak pertama kami su­dah bermain bagus dan kami harusnya mencetak gol penalti itu untuk mengubah jalannya pertandingan,” kata Koeman.

Baca juga : Bekuk Yunani, Van Dijk Cs Masih Menggantung

Pierre van Hooijdonk geram saat sepakan Weghorst tidak masuk.

“Dia (Weghorst) bukan spe­sialis penalti. Tapi kenapa malah dia yang mengambil penalti itu?” katanya.

Wajar jika van Hooijdonk geram. Pasalnya, Belanda sangat perlu meraih tiga poin untuk menjaga asa lolos ke putaran Final Euro 2024.

Baca juga : Ada Penembakan, Laga Swedia Vs Belgia Disetop

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Rabu 18/10/2023 dengan judul Kualifikasi Euro: Yunani Vs Belanda 0-1, Nasib Tim Oranye Ditentukan November

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.