Dark/Light Mode

Liga Inggris

Chelsea-Arsenal Imbang, Arteta Puas

Minggu, 22 Oktober 2023 09:18 WIB
Duel Arsenal Vs Chelsea pada lanjutan Liga Inggris, Minggu (22/10). (Foto : BBC)
Duel Arsenal Vs Chelsea pada lanjutan Liga Inggris, Minggu (22/10). (Foto : BBC)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Arsenal, Mikel Arteta membanggakan semangat anak asuhnya saat melawan Chelsea berakhir imbang 2-2 di Stamford Bridge pada pekan ke-9 Liga Inggris 2023/2024, Sabtu (21/10).

Chelsea yang diasuh Mauricio Pochettino sempat memimpin 2-0 melalui penalti Cole Palmer pada menit ke-15 dan gol Mykhaylo Mudryk pada menit ke-48. 

Akan tetapi, Arsenal The Gunners alias Meriam London bisa membalas lewat gol-gol Declan Rice pada menit ke-77 dan pemain pengganti Leandro Trossard pada menit ke-84.

Hasil ini membuat Chelsea alias The Blues kini memiliki 12 poin di papan tengah. Sementara itu, Arsenal tetap tak terkalahkan, dan sekarang memiliki 21 poin di papan atas.

Penalti yang menjadi awal gol pembuka Chelsea diberikan wasit usai sundulan Mudryk mengenai tangan Saliba. Usai melihat Video Assistant Referee (VAR), wasit menunjuk titik putih. 

Baca juga : Ditahan Sevilla, Real Madrid Tetap Teratas

Palmer maju sebagai algojo dan menuntaskan tugasnya dengan baik untuk membawa Chelsea memimpin 1-0.

Chelsea menggandakan keunggulan mereka di awal babak kedua berkat gol indah Mudryk. Menguasai bola di sisi kiri, masih di luar kotak penalti, Mudryk melepas sebuah tendangan lob kaki kiri yang akurat ke arah gawang.

Arsenal bisa menipiskan selisih skor setelah Rice sukses memanfaatkan kesalahan oper kiper Robert Sanchez. Tanpa pikir panjang, Rice langsung menembak ke gawang kosong dari jarak yang cukup jauh.

Arsenal kemudian menyamakan kedudukan beberapa menit jelang habis waktu normal. Meneruskan crossing Saka dari sisi kanan ke tiang jauh, Trossard menuntaskannya dengan sebuah tap-in jarak dekat.

Pemain Arsenal, Bukayo Saka, terpilih sebagai Man of the Match. Saka tak mencetak gol dalam laga ini, tapi merancang assist untuk gol penyama kedudukan Arsenal yang diciptakan oleh Trossard. 

Baca juga : Hasil Liga Inggris Pekan Ke-9: Man United Menang, Arsenal Imbang

Sorotan tertuju kepada Mudryk yang mampu mencetak gol indah membawa The Blues sempat unggul 2-0. 
Winger asal Ukraina itu melepaskan tembakan parabol dari sisi kanan pertahanan Meriam London yang mengelabui David Raya.

Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, menganggap gol Mudryk sebagai hoki belaka. Dia bahkan meledek untuk memberikan Mudryk penghargaan jika benar gol yang diciptakan penggawa Timnas Ukraina itu murni karena skill dan bukan faktor luck.

“Mereka bilang itu disengaja (karena skill)?” tanya Mikel Arteta tidak percaya atas gol indah yang dilesakkan Mudryk, dikutip dari laman Mirror.

“Sepertinya tidak bagiku. Mereka melihat dengan lebih baik. Jika itu disengaja, berikan penghargaan kepada mereka,” demikian pesan sarkas pelatih asal Spanyol tersebut.

Lebih lanjut, mantan asisten pelatih Pep Guardiola di Manchester City ini memberikan apresiasi kepada Bukayo Saka dan kolega. 

Baca juga : Arsenal Loyo, Sia-sia Boyong Kai Havertz

Para penggawa The Gunners dinilai menunjukkan determinasi tinggi untuk meraih kemenangan, meski endingnya hanya bisa mencuri satu angka dari kandang The Blues.

“Tidak menyerah dan memiliki tekad yang besar serta yakin kami masih bisa melakukannya,” terang pria yang juga pernah bermain bagi Meriam London.

 Arsenal kini menempel ketat Manchester City di puncak klasemen sementara Liga Inggris musim ini dengan 21 poin, hanya kalah selisih gol. Sedangkan Chelsea berada di urutan 10 dengan 12 poin.

Pekan depan, Chelsea masih akan tetap main kandang. Chelsea akan menjamu Brentford. Sedangkan Arsenal tengah pekan ini akan bermain di fase grup Liga Champions. Arsenal akan main tandang kontra Sevilla.

Susunan Pemain 
Chelsea (4-2-3-1) : Sanchez; Gusto, Silva, Colwill, Cucurella; Caicedo, Fernandez; Palmer, Gallagher, Mudryk; Sterling.
Pelatih: Mauricio Pochettino.
Arsenal (4-3-3) : Raya; White, Saliba, Magalhaes, Zinchenko; Odegaard, Jorginho, Rice; Saka, Jesus, Martinelli.
Pelatih: Mikel Arteta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.