Dark/Light Mode

Liga Champions

Barcelona Vs Shakhtar Donetsk, Xavi: Yang Penting Lolos Dulu

Senin, 23 Oktober 2023 12:36 WIB
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez. (Foto : Ist)
Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Raksasa Spanyol, Barcelona, akan menjamu tim Ukraina, Shakhtar Donetsk, pada duel matchday ketiga Grup H Fase Grup Liga Champions 2023/2024.

Laga akan digelar di Stadion Olimpiade Lluis Companys, pada Rabu (25/10/2023), kick off pukul 23.45 WIB, dengan Live SCTV dan Live Streaming di Vidio.

Tuan rumah, Barcelona, baru saja menciptakan kejutan lewat gol pemain remaja yang melakoni debutnya, Marc Guiu saat berhadapan Athletic Bilbao terjadi pada jornada atau pekan ke-10 La Liga Spanyol 2023/2024. 

Pertandingan ini adalah pertandingan debut atau pertama Marc Guiu. Barca harus menunggu hingga menit ke-80 untuk mencetak gol kemenangan atas Bilbao. 

Gol semata wayang Blaugrana diciptakan oleh bintang muda mereka yang merupakan jebolan La Masia, Marc Guiu.

Baca juga : Liga Champions, Ini Skuad Don Carlo Hadapi Wakil Portugal

Dengan hasil ini, Barca kini menempati peringkat tiga di tabel klasemen dengan perolehan poin 24. Sementara itu, Bilbao menduduki posisi keenam dengan poin 17.

Di Liga Champions, anak asuh Xavi Hernandez sebelumnya sukses mengalahkan tuan rumah Porto dengan skor 1-0 dalam laga matchday 2 Liga Champions 2023/2024 yang digelar di Estadio do Dragao, Kamis (5/10/2023) dini hari WIB.

Gol semata wayang yang dicetak Ferran Torres di akhir babak pertama sudah cukup untuk membawa Barcelona meraih kemenangan kedua di Liga Champions musim ini.

Berkat hasil ini, Barcelona sementara bertengger kokoh di puncak klasemen Grup H dengan poin 6. Di sisi lain, Porto menduduki peringkat dua dengan poin 3.

Sedangkan pada duel matchday 2 Grup H Liga Champions 2023/2024, Shakhtar Donetsk mengalahkan tuan rumah Royal Antwerp dengan skor 3-2, saat berlaga di Bosuilstadion, Rabu (04/10/2023).

Baca juga : Barcelona Vs Athletic Bilbao, Blaugrana Pincang

Barcelona tidak memasang target tinggi dalam perhelatan Liga Champions 2023/2024 ini. Alih-alih mengincar juara atau mencapai semifinal, target yang dipasang pelatih Barcelona, Xavi Hernandez hanya lolos grup.

Padahal, Barcelona di musim ini tergabung di grup yang relatif mudah. Tiga klub yang akan jadi saingan Barcelona di Grup H adalah Porto, Shaktar Donetsk, dan Royal Antwerp.

“Sebuah kesempatan spesial bagi kami untuk berada di Liga Champions. Inilah waktunya untuk melangkah maju dan menjadi hebat lagi,” tutur Xavi Hernandez, seperti dilansir SB Nations.

Xavi mengatakan, target yang diusung Barcelona musim ini tidak muluk-muluk. Mereka hanya berharap bisa lolos fase grup lebih dahulu.
“Target kami saat ini sudah jelas, yaitu lolos dari grup. Baru setelah itu, kami akan bahas lagi,” katanya.

“Kami harus bisa menginjakkan kaki ke babak 16 besar. Itu jadi tujuan utama kami setelah dua tahun terakhir gagal mencapainya,” ujar Xavi.

Baca juga : Arsenal Vs Man City, Guardiola: Ini Laga Biasa

Apa yang ditargetkan Xavi memang sangat realistis, jika mengukur tingkat kesulitan grup di atas kertas. Satu-satunya klub yang bisa jadi sandungan adalah Porto.

Prediksi Susunan Pemain 

Barcelona (4-3-3) : Marc-Andre ter Stegen; Joao Cancelo, Andreas Christensen, Inigo Martinez, Alejandro Balde; Pablo Gavi, Oriol Romeu, Ilkay Gundogan; Fermin Lopez, Ferran Torres, Joao Felix.
Pelatih: Xavi Hernandez.

Shakhtar Donetsk (4-3-3) : Riznyk; Gocholeishvili, Miroshi, Matviyenko, Azarov; Bondarenko, Stepanenko, Sudakov; Zubkov, Sikan, Kashchuk.
Pelatih: Patrick van Leeuwen.


 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.