Dark/Light Mode

BRI Liga 1

Emosi Yang Tak Terkendali Penyebab PS Barito Keok

Senin, 11 Desember 2023 13:32 WIB
Duel PS Barito vs Persib Bandung pada lanjutan BRI Liga 1. (Foto : ist)
Duel PS Barito vs Persib Bandung pada lanjutan BRI Liga 1. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sempat masuk 3 besar klasemen sementara BRI Liga 1PS Barito Putera terlempar ke peringkat 9. Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan menyoroti emosi pemain yang tak terkendali.

Laga lawan Madura United pada pekan ke-22 menjadi pembelajaran RD- sapaan Rahmad Darmawan mengevaluasi anak asuhnya.

PS Barito kalah telak 4-1 dari Madura United FC yang berlangsung di Stadion Gelora Bangkalan, Minggu (10/12) sore.

Sebelumnya Barito berhasil membuka keunggulan melalui gol yang diciptakan Gustavo Tocantins di menit ke-29. Tetapi Malik Risaldi berhasil menyamakan skor jelang turun minum.

Baca juga : Ini Kunci Pesut Etam Kokoh Di Puncak Klasemen

Babak kedua Madura United membalikkan keadaan melalui penalti Hugo Gomes pada menit ke-66. Di masa injury time penghujung laga menambah dua gol melalui Dalberto menit 90+4 dan Francisco Rivera menit 90+7.

"Selamat buat Madura United. Hasil ini karena kami buat kesalahan yang tidak penting dan diawali dari emosi. Kami tak bisa mengendalikan diri," ucap pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan.

"Ini rekor kekalahan terbanyak musim ini. Evaluasi buat saya penanggung jawab semuanya. Tapi penting pemain menyadari untuk tetap mengontrol dan mengendalikan diri sendiri," imbuhnya.

Rahmad Darmawan mengaku kecewa karena pemain terpancing emosi sejak Madura United mendapatkan penalti di pertengahan babak kedua.

Baca juga : Divaldo Alves Puji Mental Tempur Skuad Pendekar Cisadane

Pemain asing Barito Renan Alves melakukan protes berlebihan yang berujung mendapatkan kartu merah. Selain itu bermain dengan 10 pemain, pertahanan tim terlihat longgar.

"Timbul emosi itu dan sangat disayangkan. Terpancing emosi, akan selalu rugi. Itu bisa terjadi dan harus siap sebagai pesepak bola," tutur pelatih berlisensi AFC Pro itu. 

"Ketika tidak puas, protes wasit. Kemarahan itu buat hilang konsentrasi. Seharusnya kami bijak, fokus mengendalikan permainan dan tetap tenang walaupun ada kesalahan wasit," pungkasnya.

Dengan kekalahan ini tim berjuluk Laskar Antasari menempati posisi ke-9 klasemen sementara BRI Liga 1 2023/24 dengan perolehan 29 poin.

Baca juga : Bajul Ijo Langsung Fokus Hadapi Persis Solo

Laga selanjutnya tim akan menjamu Arema FC pada pekan ke-23 yang berlangsung di Stadion Demang Lehman, Banjarbaru, Minggu (17/9) mendatang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.