Dark/Light Mode

Gegara Masak Mie Instan, Witan Sulaeman Ditegur STY

Kamis, 28 Desember 2023 05:37 WIB
Witan Sulaeman. (Foto : Ist)
Witan Sulaeman. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persiapan Timnas Indonesia jelang Piala Asia 2023 mendapat kabar tidak sedap. Foto kontroversial muncul di media sosial.

Witan Sulaeman terlihat tengah memasak mie instan di dalam kamar saat berada di pusat latihan di Antalya, Turki, pada Selasa (26/12).

Foto tersebut diunggah oleh Marselino Ferdinan melalui fitur eksklusif di akun Instagramnya. Banyak warganet menyoroti perilaku dua pemain

Baca juga : 4 Tips Masak Mie Instan Sehat, Salah Satunya Kurangi Minyak

Timnas Indonesia ini, mengingat Timnas sedang fokus mematangkan skuad untuk Piala Asia 2023. Menanggapi hal itu, Asisten Pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto mengungkapkan, Pelatih Timnas Indonsia Shin Tae-yong (STY) sudah memberikan teguran kepada Witan Sulaeman.

“Sudah ditegur Coach Shin. Tidak hanya pada pemain yang bersangkutan, tetapi semua pemain diingatkan menjaga kondisi,” ujar Nova.

Nova menekankan pentingnya para pemain menjaga kondisi tubuh mereka, mengingat persiapan keras yang telah dilakukan selama di Turki.

Baca juga : Rumah Sakit Vertikal Kementerian Kesehatan Mulai Dibangun Di IKN

Dia tidak ingin upaya keras tersebut menjadi sia-sia karena kondisi fisik pemain menurun akibat asupan makanan yang kurang baik. Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Timnas Indonesia tergabung dalam Grup D bersama Irak, Vietnam dan Jepang. Laga perdana Timnas Indonesia di Piala Asia nanti akan melawan Irak di Stadion Ahmad bin Ali, Ar-Rayyan, pada 15 Januari 2024.

STY yang dikenal sebagai pelatih yang tegas dan memiliki standar tinggi terhadap profesionalisme pemainnya, secara terbuka menyatakan ketidakpuasannya terhadap perilaku kurang profesional dari salah satu anggota timnya.

Baca juga : Gegara Honda, Zarco Nggak Jadi Pensiun Dari MotoGP

Meski demikian, STY tak lantas melepaskan begitu saja peristiwa ini. Dia mengambil pendekatan edukatif dengan memberikan peringatan keras kepada seluruh skuad Tim Garuda.

STY menegaskan, sikap dan pola makan para pemain di luar lapangan memiliki dampak besar pada performa mereka di lapangan hijau. Sikap tegas STY terkait nutrisi dan kedisiplinan pemainnya bukanlah hal baru.

Pelatih asal Korea Selatan itu dikenal memegang prinsip ketat terhadap pola makan atlet demi memastikan mereka berada dalam kondisi optimal saat bertanding. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.