Dark/Light Mode

Arsenal Vs Crystal Palace

Meriam London Di Level Waspada

Sabtu, 20 Januari 2024 07:25 WIB
Para Pemain Arsenal merayakan kemenangan. Foto: Reuters/Carl Recine
Para Pemain Arsenal merayakan kemenangan. Foto: Reuters/Carl Recine

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya Arsenal untuk mendekati jarak selisih poin dari pimpinan klasemen Liga Primer Inggris, Liverpool mendapat rintangan berat. The Gunners alias Meriam London harus meraih poin penuh saat menjamu Crystal Palace pada laga ke-21 di Stadion Emirates, London, malam ini.

Jika mengacu pada skor head to head, pasukan Mikel Arteta ini diunggulkan dibanding sang tamu. Apalagi, Arsenal terus memburu poin agar bisa kembali ke papan atas mengkudeta Liverpool. Saat ini, Arsenal menduduki peringkat keempat dengan koleksi 40 poin, sedangkan pimpinan klasemen Liverpool meraih 45 poin.

Selain itu, peluang Arsenal relatif terbuka, mengingat mereka akan bermain kandang. Di sisi lain, Crystal Palace dalam tren performa yang buruk. The Eagles -julukan Crystal Palace tumbang di tangan Everton pada laga terbaru di ajang FA Cup 2023/2024. Jika ditarik lebih jauh, Palace hanya bisa membukukan 1 kemenangan dari 10 laga terakhir, dengan 5 laga berujung kekalahan.

Tapi sayang, pekan ini Arsenal dipastikan tidak diperkuat Thomas Partey, Jurien Timber, dan Fabio Viera, lantaran masih terbelit cedera. Sementara Oleksandr Zinchenko dan Gabriel Jesus masih diragukan bisa bermain. Tak hanya itu, The Gunners juga tanpa Takehiro Tomiyasu yang tengah memperkuat Timnas Jepang di Piala Asia 2024, serta Mohamed Elneny yang tampil di Piala Afrika 2024.

Baca juga : Everton Vs Crystal Palace, Siap Bertarung Keras

Absennya para pemain tersebut membuat Arsenal tak punya bek kiri lagi selain Jakob Kiwior. Kondisi ini jelas tidak ideal bagi The Gunners yang tengah berjuang mengincar gelar juara Liga Inggris 2023/2024.

Pengamat sepakbola kenamaan asal Inggris, Chris Sutton mengatakan, Arsenal tetap harus memasang kewaspadaan tinggi meski mereka jauh diunggulkan. Sebab, Palace sudah mulai memperlihatkan kebangkitannya usai menahan imbang Manchester City 2-2 pada pertengahan Desember 2023 lalu.

“Di ajang Piala FA mereka juga berhasil memperlihatkan kemampuan meski pada akhirnya tersingkir. Tapi, bukan tidak mungkin mereka akan kembali melakukannya di laga ini dengan pergantian yang dibuat Roy Hodgson,” kata Chris Sutton seperti dikutip dari Sky Sport, kemarin.

Dia yakin, pelatih Crystal Palace, Roy Hodgson akan menerapkan taktik ampuhnya untuk membuat Arsenal frustasi. Terutama di babak pertama untuk kemudian dimanfaatkan di babak kedua. “Situasi nanti tampaknya akan mirip seperti apa yang mereka lakukan ketika melawan City. Tapi, saya tetap memiliki keyakinan Arsenal bisa menghadapi Crystal Palace,” ujarnya.

Baca juga : Hasto: PDIP Terima Pengunduran Diri Maruarar

Di sisi lain, kubu Crystal Palace juga tengah mengalami periode yang sulit. Di tengah kemerosotan performa, mereka juga mesti menghadapi kenyataan 5 pemain cedera. Kemudian 1 pemain lain, Jordan Ayew, tak bisa tampil lantaran masih bertugas bersama Timnas Ghana di Piala Afrika 2024.

Dikutip dari laman resmi klub, Hodgson selaku pelatih Crystal Palace menyebut bahwa timnya dalam posisi kurang diuntungkan jelang laga kontra Arsenal. Pasalnya Palace mesti melakoni laga replay FA Cup pada Kamis (18/1/2024), kemudian harus kembali bermain di EPL pada Sabtu (20/1/2024).

Tapi Hodgson juga enggan menyalahkan jadwal padat, karena mereka seharusnya tidak melakoni laga replay FA Cup jika mampu menang pada leg 1. Tapi sayang sekali pertandingan ulang Piala FA tersebut harus berakhir pahit, lantaran Palace takluk di markas Everton.

“Kami berusaha menggunakan skuad yang ada saat ini sebaik mungkin. Masalahnya adalah, kami harus menghadapi Arsenal dua hari setelah menghadapi Everton. Ini bukan masalah jadwal, tetapi kesalahan kami sendiri karena tidak bisa menang di pertemuan pertama ronde 4 Piala FA,” kata Roy Hodgson. 

Baca juga : Crystal Palace Vs Everton, Roy Hodgson Di Ujung Tanduk

Saat ini, Crystal Palace berada di posisi ke-14 klasemen sementara dengan mengumpulkan 21 poin dari 20 pertandingan yang telah mereka lewati di Liga Primer Inggris musim ini. DNU

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Sabtu, 20 Januari 2024 dengan judul "Arsenal Vs Crystal Palace, Meriam London Di Level Waspada"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.