Dark/Light Mode

BRI Liga 1

Persebaya Vs PSS, Menang Atau Masuk Zona Degradasi

Minggu, 3 Maret 2024 13:11 WIB
Para pemain Persebaya saat latihan. (Foto : ist)
Para pemain Persebaya saat latihan. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sore ini, Minggu (3/3) kick off pukul 15.00 WIB, Persebaya akan menjamu PSS Sleman di Stadion Gelora Bung Tomo. Bermain di kandang sendiri, Bruno Moreira dkk bertekad meraih kemenangan.

Persebaya akan tampil tanpa sejumlah pemain inti. Andre Oktaviansyah, Catur Pamungkas, dan Reva Adi harus absen lantaran menjalani hukuman akumulasi kartu kuning.

Pelatih kepala Persebaya Paul Munster menyatakan absennya pemain karena akumulasi kartu adalah satu hal yang biasa. Ia percaya, para pemain pengganti bisa memberikan penampilan terbaik.

”Ada beberapa pemain yang tidak bisa bermain karena akumulasi kartu, ada beberapa pemain yang belum 100 persen. Sore ini ada latihan terakhir untuk memastikan siapa saja yang akan main besok,” kata Munster dalam konferensi pers.

Bertemu dengan tim yang berjuluk Elang Jawa itu, Persebaya memiliki rekor yang cukup bagus. Dari lima kali pertemuan, Bruno Moreira dkk mencatatkan empat kemenangan dan satu kali hasil imbang. Dengan torehkan tersebut menjadi modal baik untuk meraih hasil maksimal di laga esok.

Baca juga : Arema FC Vs Persikabo, Singo Edan Sedang Onfire

Apalagi winger kanan Robson Duarte berangsur pulih dari sakit flu dan deman yang ia derita saat melawan PSM Makassar, Rabu lalu (28/2).

”Kondisi dia perlahan mulai membaik dari sebelumnya, kita masih akan pantau terus hingga latihan terakhir. Kita lihat saja besok,” jelas Munster.

Sementara itu, gelandang Kasim Botan mengakui, ia bersama punggawa lainnya siap all out untuk meraih tiga poin guna menunjang posisi di klasemen sementara Liga 1 2023/2024.

”Kami siap merebut poin penuh dan tentunya kami semua pemain harus tetap jaga kondisi, walaupun jadwal padat tapi kalau recovery bagus, kami Insya Allah siap di setiap pertandingan,” tandasnya

PSS sendiri masih berjibaku di peringkat ke-14 dengan 31 poin. Posisi ini hanya terpaut 3 poin saja dari Persita Tangerang yang kini ada di peringkat ke-16 atau batas akhir zona merah.

Baca juga : Bali United FC Vs Persis Solo, Misi Menjaga Asa 4 Besar

Ini berarti posisi PSS di kasta tertinggi musim ini masih belumlah aman. Jika ingin menjauh dari jeratan degradasi, tentunya kemenangan menjadi hal yang wajib dikantongi pada pertandingan nanti.

Namun laga nanti dipastikan tak mudah mengingat Persebaya juga tengah berjuang menjauh dari zona degradasi. Saat ini The Green Force ada di posisi ke-13 dengan koleksi 32 poin atau satu strip di atas PSS.

“Saya tahu setiap pertandingan di Surabaya adalah laga yang berat. Cukup berat bagi tim PSS, karena jadwal yang sangat ketat,” kata pelatih PSS, Risto Vidakovic. 

Dia juga mengaku senang melihat progres yang diperlihatkan anak asuhnya. “Secara tim, kami terus berkembang dari hari ke hari semakin lebih baik. Saya berharap pada pertandingan lawan Persebaya nanti para pemain bisa tampil 100 persen, dan disiplin untuk bisa memenangkan pertandingan,” dia menambahkan.

PSS sendiri dalam upaya bangkit setelah di laga pekan sebelumnya hanya bermain imbang 3-3 melawan Persita Tangerang di laga home. Tentu ini menjadi hal yang kurang maksimal bagi PSS yang harus ditebus di laga berikutnya.

Baca juga : Persik vs Barito Putera, Cari Poin Pengganti

Terkait sejumlah pemain pilar Persebaya yang absen karena terkena akumulasi kartu kuning di laga nanti, dia memastikan tak terlalu memikirkannya. Risto menilai para pemain Persebaya memiliki semangat besar untuk bertanding saat masuk daftar susunan permain.

“Pemain absen karena akumulasi kartu adalah hal biasa dan semua tim pasti menghadapi hal tersebut. Saya memprediksi Persebaya akan bermain sebaik mungkin siapapun yang akan diturunkan, pasti akan bermain 100 persen untuk meraih kemenangan,” dia menegaskan.

Dia juga menilai Persebaya memiiki kedalaman skuat yang merata dan bisa saling membantu.

“Persebaya mempunyai 20 pemain lebih seperti dalam susunan pemain. Mereka juga bisa bermain dan bisa memberikan warna di tim dengan cara masing-masing,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.