Dark/Light Mode

Liga 1 Makin Berkualitas, Erick Mau Bikin Digitalisasi Perwasitan

Kamis, 4 April 2024 05:55 WIB
Ketum PSSI, Erick Thohir. (Foto : Ist)
Ketum PSSI, Erick Thohir. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum PSSI Erick Thohir terus menggenjot transformasi sepakbola di Indonesia. Salah satu langkah Erick yang bikin kualitas Liga Indonesia makin bermutu dengan membuat digitalisasi perwasitan. 

"Seluruh wasit masuk ke dalam suatu sistem dari Inggris, semua kejadian atau keputusan yang diambil wasit semua tersimpan dalam sistem tersebut. Jadi wasit dapat belajar dari kejadian tersebut," jelas Erick dalam pernyataannya saat rapat Exco PSSI, di Jakarta, Rabu (3/4).

Baca juga : Dukung Timnas, Skuad Persib Fokus Latihan

Dengan digitalisasi perwasitan, klub dan wasit bisa saling menganalisis satu keputusan yang diambil di tengah lapangan.

"Kalau ada klub yang merasa dirugikan dengan keputusan wasit, selain klub dapat melaporkan kejadian dan meminta challenge juga nanti akan kelihatan kinerja wasit dan sistem tersebut," ujar Erick.

Baca juga : Dirut PNM Masuk The Best Reputable CEO In Digital Platform 2024 Infobank

Selain itu, Erick juga akan mendatangkan pelatih asal Inggris dan Jepang untuk memimpin laga Liga 1.

"Kita juga tahun depan akan mendatangkan wasit baik dari Liga Jepang ataupun Liga Inggris untuk memimpin di Liga sebulan. Jadi lebih independen serta akan ada transfer pengetahuan dari para wasit yang datang ke Indonesia tersebut," ungkap Erick.

Baca juga : Persib Vs Bhayangkara, Maung Bandung Krisis Pemain

Dalam Exco PSSI juga memutuskan kongres PSSI akan dilaksanakan pada 10 Juni 2024. Nantinya, kongres akan membahas pemaparan program kerja tahun 2025 serta audit keuangan PSSI.

Dalam pertemuan yang juga dihadiri pengelola Liga, dibahas untuk pengaturan jadwal Liga sepak bola yang diselaraskan dengan program timnas Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.