Dark/Light Mode

Marseille Vs Atalanta, Bertumpu Trofi Liga Eropa

Rabu, 1 Mei 2024 14:07 WIB
Para pemain Atalanta di pentas seri A. (Foto : Ist)
Para pemain Atalanta di pentas seri A. (Foto : Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Prancis, Marseille akan menjamu Atalanta pada pertandingan leg pertama semifinal Liga Eropa 2023/2024. Duel akan dihelat di Stade Velodrome, Marseille, Prancis, Jumat (3/5/2024), pukul 02.00 WIB, disiarkan live di Vidio dan Champions TV 2.

Di babak sebelumnya Piala Europa, Marseille yang berjuluk Les Olympiens berjuang keras untuk menyingkirkan Benfica melalui adu penalti. 

Sementara itu, Atalanta yang berjuluk La Dea menunjukkan salah satu permainan terbaiknya untuk mengeliminasi Liverpool.

Duel ini menjadi tantangan tidak mudah bagi La Dea. Sementara, bermain di kandang tentu akan memberikan keuntungan bagi Marseille. 

Namun, di sisi lain, hal ini menjadi tekanan karena Pierre-Emerick Aubameyang dan kawan-kawan dituntut demi modal bagus ke Bergamo, Italia, pekan depan.

Atalanta di sisi lain jelas akan menghadapi tekanan tidak mudah. Pertama kalinya bertandang ke markas Marseille, skuad asuhan Gian Piero Gasperini bakal mencoba mencuri hasil bagus untuk modal pekan depan di kandang sendiri.

Marseille tentu akan mengandalkan catatan kandang mereka untuk meraih kemenangan. Bagaimana tidak? Sepanjang musim ini, wakil Prancis ini baru menelan dua kekalahan. Catatan itu mereka torehkan dari 23 pertandingan di semua kompetisi musim ini.

Baca juga : Hasil Liga Italia: Fiorentina, AS Roma Dan Atalanta Nyaman Menuju Liga Europa

Semakin mengesankan karena dari jumlah laga itu Marseille mampu meraih 14 kemenangan atau 61 persen dari keseluruhan laga. Sisanya berakhir dengan tujuh imbang dan dua kekalahan.

Sedangkan bagi Atalanta, catatan away mereka tidak terlalu baik musim ini. Dari 24 pertandingan tandang di semua kompetisi musim ini, Gianluca Scamacca dan kolega meraih 10 kemenangan. Sisanya berakhir dengan hasil enam imbang dan delapan kekalahan.

Marseille masih akan mengandalkan sosok berpengalaman seperti Pierre-Emerick Aubameyang di lini depan. 

Pemain kunci lain macam Jordan Veretout, Jonathan Clauss, maupun Faris Moumbagna bisa kembali diturunkan sejak menit awal.

Sementara itu, Atalanta bisa bertumpu pada Gianluca Scamacca untuk mencuri gol di laga ini. Performa impresif kala mencetak 2 gol ke gawang Liverpool di Anfield membantu Scamacca tetap menjadi andalan pelatih Gian Piero Gasperini di laga nanti.

Pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini mengungkapkan bahwa prioritas timnya saat ini adalah juara Liga Eropa 2023/2024. Walaupun, La Dea bisa mengincar lima besar Serie A Liga Italia 2023/2024 jika ingin lolos ke Liga Champions.

Gasperini melakukan rotasi besar di laga lawan Empoli (29/4/24), empat hari sebelum laga semifinal Liga Europa melawan Marseille. Beruntungnya La Dea tetap mampu menang 2-0.

Baca juga : Real Madrid Vs Barcelona, El Real Waspadai Blaugrana

Atalanta hanya berjarak dua poin dari AS Roma yang berada di posisi kelima, batas akhir zona Liga Champions dan juga mereka masih bersaing dengan Lazio, Bologna dan Juventus untuk memperebutkan posisi itu. Namun, Gasperini menyebut bahwa prioritas timnya saat ini adalah juara Liga Europa.

“Saat ini Liga Eropa adalah target yang paling kami pedulikan, namun kami harus berhati-hati karena Marseille adalah tim yang kuat,” tutur Gian Piero Gasperini di Football Italia.

“Kami punya banyak pemain yang bisa membuat perbedaan dalam serangan. Ini adalah hal mendasar. Kami akan menjalani semifinal pada hari Kamis, semua pertandingan penting, tetapi leg pertama sedikit lebih penting,” lanjutnya.

“Kami punya lima striker, tapi tim ini tidak terlalu punya kedalaman. Ada 21 pemain outfield, dan 15-16 pemain sudah banyak bermain. Ini adalah ide saya, dan jumlah pemain ini memungkinkan kami menjadi satu kesatuan. Ini adalah tim yang saya sukai,” sebut Gasperini.

Prediksi Susunan Pemain 

Marseille (4-2-3-1) : Lopez; Lodi, Balerdi, Murillo, Clauss; Veretout, Gueye; Aubameyang, Harit, Sarr; Moumbagna.

Pelatih: Jean-Louis Gasset.

Baca juga : AC Milan Vs AS Roma, Serigala Buru Mahkota Eropa

Info skuad: Gigot (skorsing), Meite (cedera), Nadir (cedera), Mbemba (cedera), Merlin (cedera), Rongier (cedera).

Atalanta (3-4-2-1) : Musso; Scalvini, De Roon, Djimsiti; Ruggeri, Ederson, Pasalic, Zappacosta; Koopmeiners, Lookman; Scamacca.

Pelatih: Gian Piero Gasperini.

Info skuad: Hien (skorsing), Holm (cedera), Toloi (cedera).

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.