Dark/Light Mode

Bawa Setan Merah Juara Piala FA

Nasib Ten Hag Belum Aman

Senin, 27 Mei 2024 06:40 WIB
Pemain Manchester United (MU) saat merayakan kemenangan meraih Piala FA. (Foto: Istimewa)
Pemain Manchester United (MU) saat merayakan kemenangan meraih Piala FA. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Man City harus mengubur harapannya sebagai tim pertama yang mampu mengawinkan gelar Premier League dan Piala FA selama dua musim beruntun. Total juara City di Piala FA masih tetap tujuh kali.

Pasukan Pep Guardiola mengambil dominasi pengua­saan bola selama laga berjalan lima menit. MU justru bermain lebih sabar dan mendapatkan momen di menit kedelapan. Ada percobaan dari Alejandro Garna­cho yang masih tepat mengarah ke Stefan Ortega.

Man City sangat kesulitan mengancam gawang MU. Pa­sukan Erik Ten Hag bertahan dengan menumpuk pemain di kotak penalti.

Baca juga : Ribut-ribut Jatah Menteri Makin Heboh

MU memimpin 1-0 di menit ke-30 lewat Garnacho. Gol itu didapat akibat kesalahan koor­dinasi antara Josko Gvardiol dan Ortega, yang membuat Garnacho dengan mudah men­ceploskan bola ke gawang yang sudah kosong.

Man City harus berhati-hati dengan menerapkan garis per­tahanan yang tinggi. Di menit ke-37, MU sempat mencetak gol, namun dianulir karena offside. MU memperbesar ke­unggulan menjadi 2-0 di menit ke-39. Skema serangan balik Setan Merah dituntaskan oleh Kobbie Mainoo.

Tak ada gol balasan dari The Citizens sampai turun minum. MU pun memimpin 2-0 di babak pertama. MU bermain lebih baik di lima menit awal babak kedua. The Red Devils cukup sip dalam melakukan pressing dan sempat mengancam lewat serangan balik.

Baca juga : Mega Belum Tentu Rela Lepaskan Jabatan Ketum

Man City hampir mencetak gol di menit ke-54. Ada bola tembakan Erling Haaland yang mengenai mistar gawang. Pe­luang kembali dilewatkan Man City. Tembakan mendatar Julian Alvarez di menit ke-64 masih melebar tipis di sisi gawang. Andre Onana bikin penyelama­tan di menit ke-76. Dia menepis bola tembakan keras mendatar dari Kyle Walker.

Man City memperkecil skor menjadi 1-2 di menit ke-87. Jeremy Doku mencetak gol setelah bola tembakannya dari luar kotak penalti ke atas pojok bawah gawang tak mampu dibendung Onana. Tak ada gol lagi di sisa waktu. MU pun menjadi juara Piala FA.

Pelatih Pep Guardiola mengaku taktik yang diterapkan tidak berhasil. Menurutnya, MU tampil dengan pertahanan solid sepanjang laga dan City tidak memiliki jawaban.

Baca juga : Menantu Jokowi Mau Dilawan Ahok

“Rencana permainan saya tidak bagus. Babak kedua jauh lebih baik. Kami lebih intens. Para pemain tahu alasannya. Secara taktik, itu tidak bagus,” ucap Guardiola.

“Anda merencanakan per­mainan dan posisi berbeda, tapi itu tidak berhasil. Seperti biasa saat melawan MU, kami punya kendali, tapi seperti yang kami lakukan di babak kedua, kami tidak bisa menciptakan peluang,” imbuhnya.

Artikel ini tayang di Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 27 Mei 2024 dengan judul Bawa Setan Merah Juara Piala FA, Nasib Ten Hag Belum Aman

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.