Dark/Light Mode

Klaim Direstui Jokowi Dan Prabowo

Duet Mantra & Mulia Yakin Menang Di Kandang Banteng

Minggu, 26 Mei 2024 07:30 WIB
Ketua DPD Gerindra Bali, De Gadja
Ketua DPD Gerindra Bali, De Gadja

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) sepakat mengusung duet Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra dan Made Muliawan Arya alias De Gadjah (Mantra-Mulia). Duet tersebut diklaim telah mendapat restu dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

PENGUMUMAN bakal calon gubernur dan wakil gubernur Bali itu disampaikan langsung oleh De Gadjah yang juga Ketua DPD Gerindra Bali di Denpasar, Jumat (24/5/2024). Hadir dalam acara tersebut sejumlah tokoh parpol terkait.

Di antaranya, Ketua DPD Golkar Bali I Nyoman Sugawa Korry dan Ketua DPD Partai Demokrat Bali I Made Mudarta. Kemudian, Ketua DPW PSI Bali I Nengah Yasa Adi Susanto, dan Ketua DPW NasDem Bali Julie Sutrisno Laiskodat.

De Gadjah mengungkapkan, sikap KIM untuk Pilgub Bali 2024 sudah disepakati oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masing-masing partai. Duet Rai Mantra-Mulia akan mengawal keputusan pemerintah pusat di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga : Menkes: Insya Allah Tak Almarhum Di Bawah 70

“Pasangan Mantra-Mulia adalah pasangan bakal calon (bacalon) yang didukung oleh Bapak Presiden RI Jokowi dan Presiden Terpilih 2024-2029 Bapak Prabowo Subianto,” katanya.

Meski begitu, De Gadjah mengatakan, parpol yang tergabung dalam KIM tetap mengikuti keputusan dari pusat jika terda­pat perubahan terkait arah dukungan dalam Pilkada Bali 2024. Sejauh ini, KIM telah sepakat mengusung hanya satu pasangan bakal calon untuk Pilkada Serentak yang berlangsung pada 27 November mendatang.

“Peserta rapat sepakat, tidak mendukung paslon di luar keputusan koalisi. Artinya, KIM sepakat untuk mencalonkansatu pasangan dan tidak mendukung pasangan di luar koalisi sampai ke kabupaten/kota,” kata Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar itu.

Ketua DPD I Partai Golkar Bali, Nyoman Sugawa Korry optimistis duet Mantra-Mulia bisa menang dalam Pilgub Bali 2024. Meski, duet yang diklaim mendapat restu dari Presiden Jokowi itu bertarung di kandang Banteng.

Baca juga : Kata Banteng, Itu Bukan Sinyal Pergantian Ketum

“Petarung itu harus yakin me­nang. Kalau tidak menang, nga­pain bertarung,” kata Korry.

Dia mengatakan, KIM telah memiliki strategi untuk memenangkan Pilgub Bali 2024. Namun, ia enggan membeberkan strategi yang telah disiapkan itu.

“Strategi bukan untuk dibuka. Strategi untuk dirahasiakan. (Strategi) sudah pasti (ada) dong,” ujar Korry.

Sementara, Ketua DPW PSI Bali, I Nengah Yasa Adi Susanto mengklaim, sejauh ini sudah ada 11 DPW partai yang mendukung pasangan Mantra-Mulia. Dua di antaranya adalah partai dari eksternal KIM.

Baca juga : Indonesia Bakal Alami Musim Kemarau Basah

Partai tersebut adalah Partai Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, PBB, PSI, Gelora, Garuda dan Prima. Sementara yang di luar KIM adalah Partai NasDem dan PKB.

“Ini kan baru yang diusulkan dari kita, dari partai atas restu orang pusat. Selanjutnya mema­tangkan koalisi. Ini kan masih lama pendaftarannya, nama ini kita setorkan ke pusat. Kalau su­dah di-acc ya sudah, sepertinya sih sudah firm,” ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.