Dark/Light Mode

Ini Alasan Southgate Panggil Bocah 19 Tahun Masuk Skuad Timnas Inggris

Jumat, 31 Mei 2024 14:04 WIB
Kobbie Mainoo. (Foto : ist)
Kobbie Mainoo. (Foto : ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate menjelaskan alasannya memanggil pemain berusia 19 tahun, Kobbie Mainoo masuk skuad timnas Inggris untuk Piala Eropa 2024.

Saat ini, skuad Inggris masih berisi 33 pemain. Southgate harus mencoret beberapa pemain lagi untuk mencapai total 26 pemain skuad final Euro 2024.

Mainoo jadi pemain paling muda dalam 33 nama tersebut. Musim ini, Mainoo memang baru dikenal, dia mengalami perkembangan pesat dari akademi sampai jadi pemain andalan Manchester United.

Baca juga : Ini PR Pelatih Asal Jepang Tangani Timnas Wanita Indonesia

Mainoo pun membuktikan kematangannya ketika dia menyumbang satu gol dalam kemenangan 2-1 MU atas Manchester City di final FA Cup 2023/2024 lalu.

Southgate masih harus mencoret tujuh pemain lagi, jelas bukan keputusan mudah. Juga tidak ada jaminan bahwa posisi Mainoo aman, dia bisa juga dicoret.

Meski begitu, Southgate secara terbuka memuji kualitas Mainoo. Salah satu alasan Mainoo dipertimbangkan adalah kematangannya.

Baca juga : Kecelakaan Bus SMK Lingga Kencana Masuk KLB, Kapolda Turunkan Tim Investigasi

“Anda bisa melihat dia punya teknik tinggi, tapi kemudian yang lebih penting adalah perannya nanti dalam taktik, kedewasaannya, kemampuannya menghadapi laga-laga penting,” ujar Gareth Southgate.

“Ketika Anda bermain untuk klub sebesar MU, Anda akan selalu disorot, dan Mainoo sudah menunjukkan dia mampu mengatasi itu, termasuk ketika bermain untuk kami di bulan Maret lalu,” lanjutnya.

Southgate pun menegaskan bahwa usia bukanlah pertimbangan utama dalam memilih tim. Dia tidak pernah takut mengandalkan pemain muda, Mainoo mungkin punya kesempatan.

Baca juga : Istana Pastikan Anggota Pansel Capim KPK Kredibel Dan Berintegritas

“Kami tidak pernah takut menurunkan pemain muda. Jika pemain itu cukup bagus, kami tidak memikirkan umurnya,” sambungnya.

“Juga, Anda akan lebih terbantu jika ada lebih banyak bukti pendukung dalam memilih pemain, dan Kobbie telah menjalani musim luar biasa, dia menyesuaikan diri dengan baik,” tandas Gareth Southgate.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.