Dark/Light Mode

Pekan Ini, Nasib Bundesliga Diputuskan

Rabu, 22 April 2020 05:29 WIB
Bundesliga masih akan dihentikan jika wabah Covid-19 belum mereda. (Foto : Istimewa)
Bundesliga masih akan dihentikan jika wabah Covid-19 belum mereda. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar baik datang dari jagat sepakbola Jerman. Dalam beberapa hari ke depan, kelanjutan Bundesliga 2019/2020 akan segera diputuskan.

Presiden Federasi Jerman, Fritz Keller mengungkapkan, bila tidak ada aral melintang kepastian terkait kelanjutan penyelenggaraan Bundesliga akan segera diputuskan pekan ini. “Minggu ini, keputusan penting akan dibuat tentang bagaimana untuk melanjutkan,” ujarnya.

Meskipun begitu, Keller juga tetap memprioritaskan kesehatan para pemain Bundesliga dari penyebaran virus Corona Covid-19 yang kini masih melanda dunia.

Dia mengatakan, pertandingan dapat mulai bergulir dengan catatan kompetisi digelar dibalik pintu tertutup alias tanpa penonton. “Kami sangat sadar sepakbola tanpa penggemar tidak ada artinya. Dari diskusi dan umpan balik dari organisasi penggemar, saya tahu betapa menyakitkan para penggemar tidak bisa mendukung klub mereka di stadion,” terang Keller.

Baca juga : PPP Protes Dana Bos Dipotong

Seperti yang diketahui, kompetisi Liga Jerman telah berhenti sejak 11 Maret yang lalu imbas dari pandemi virus corona. Layak ditunggu perkembangan selanjutnya bagaimana keputusan terkait kembalinya pertandingan Bundesliga.

Sebelumnya, Bundesliga santer dikabarkan dapat kembali berlangsung pada awal bulan Mei nanti. Kabar baik ini keluar setelah CEO Bundesliga, Christian Seifert mengungkapkan optimismenya untuk kembali menggelar kompetisi.

Seifert ingin Bundesliga menjadi contoh yang baik apabila kembali dilanjutkan. Pertandingan harus digelar sesuai dengan pro- tokol keamanan dan kesehatan yang telah disiapkan, termasuk kemungkinan menggelar laga tanpa penonton.

“Ada tanggapan positif yang kami terima. Artinya, Bundesliga dan 2 Bundesliga mendapat perspektif positif. Pemerintah percaya kepada kami, dan para pemain seharusnya bisa menjadi contoh yang baik,” ujar Seifert.

Baca juga : Bundesliga Ditunda Lagi, Ultras Jerman Happy

Keyakinan Seifert untuk melanjutkan kompetisi Bundesliga di bulan Mei sangat beralasan, karena Perdana Menteri Bavaria Markus Soder dan Perdana Menteri Nordrhein- Westfalen Armin Laschet menyarankan agar pertandingan Bundesliga dilanjutkan lebih cepat dari perkiraan semula.

“Kami mendukung rencana itu asalkan konsepnya sudah dipikirkan secara matang,” kata Armin Laschet.

Titik terang terkait kelanjutan Bundesliga mendapatkan respon yang positif dari CEO Bayern Munchen, Karl-Heinz Rummenigge.

Heinz juga mengucapkan rasa terima kasih kepada DFL (otoritas penyelenggara Liga Jerman) karena telah memberikan peluang untuk kembali melangsungkan kompetisi.

Baca juga : Akademisi Ini Anggap Omnibus Law Layak Dipertimbangkan

Apabila kompetisi resmi akan bergulir pada bulan Mei atau paling lambat Juni mendatang, maka seluruh pemain maupun orang yang berada dalam klub akan diberlakukan tes terlebih dahulu. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.