Dark/Light Mode

Penggemar Seri A Boleh Nonton Langsung ke Stadion, Ini Syaratnya...

Jumat, 5 Juni 2020 16:40 WIB
Para penggemar klub seri A, Juventus di stadion Turin. (Foto : Istimewa)
Para penggemar klub seri A, Juventus di stadion Turin. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Angin segar berhembus dari persepakbolaan Italia. Pemerintah negara itu membuka kemungkinan pertandingan Serie A musim ini dihadiri penonton. Namun dengan syarat jika kurva kasus Covid-19 terus membaik.

Serie A sempat mengalami penangguhan mulai 9 Maret lalu akibat ledakan kasus virus Corona. Setelah dibuat babak belur, Italia perlahan-lahan menyaksikan kurva kasusnya mulai melandai.

Dengan situasi yang membaik, Serie A pada prosesnya diputuskan akan kembali bergulir pada 20 Juni mendatang. Pertandingan bakal digelar secara tertutup untuk mencegah risiko penularan di dalam stadion.

Baca juga : Gegara Corona, El Real Ngungsi ke Stadion Mini

Namun kini pemerintah Italia membuka kemungkinan bahwa tahap akhir Serie A musim ini bisa dihadiri sejumlah penonton. Sejumlah klub sebelumnya mempertanyakan kenapa stadion tak bisa dibuka sementara bioskop-bioskop dan teater-teater segera dibuka dengan aturan jaga jarak.

“Itu memungkinkan, kami bisa mendiskusikannya dengan komite teknis ilmiah, Menteri Olahraga Vincenzo Spadafora, dan Menteri Kesehatan Roberto Speranza,” ungkap Wakil Menteri Kesehatan Alessandro Zampa kepada Radio Kiss Kiss, dikutip Football Italia.

“Kami akan mengevaluasi kurva pandeminya dan kalau itu benar-benar menurun, kita bisa membayangkan bahwa untuk tahap akhir di musim ini, dengan upaya dari seluruh klub, kita bisa memainkan laga-laga dengan pembukaan sebagian tribun. Kalau kurvanya terus bergerak seperti sekarang ini (menurun), kita bisa benar-benar kembali ke kehidupan normal di negara ini,” imbuhnya.

Baca juga : Penasehatnya Langgar Lockdown, PM Inggris Cuek Aja

Hal senada diungkapkan Pre- siden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Gabriele Gravina. Dia mengakui, tidak mungkin jika seluruh stadion langsung dapat dibuka untuk umum. Oleh karenanya, dia berharap ada langkah bertahap agar fans mulai kembali mengisi stadion mendukung tim kesayangan mereka.

“Suporter di stadion lagi? Saya berharap bisa melihat sejumlah kecil kehadiran mereka di sisa-sisa pertandingan musim ini,” tutur sang presiden.

Kehadiran penonton tentunya harus sesuai dengan protokol kesehatan untuk mencebah wabah Corona. “Rasanya mustahil mem- bayangkan dengan kapasitas stadion yang dapat menampung sekitar 60 ribu atau 80 ribu penonton, tidak ada persentase minimum penonton yang dapat hadir dalam sebuah pertandingan, jika ada protokol pencegahan (penyebaran Covid-19) yang memungkinkan,” imbuhnya.

Baca juga : Antisipasi Corona, Baznas Salurkan Bantuan Langsung Ke Rumah Warga

Rencananya, Serie A sendiri akan dilanjutkan kembali pada Minggu, 20 Juni 2020 yang ditandai dengan pertandingan Torino melawan Parma pada pukul 00.30 WIB. Masih tersisa 12 pekan lagi sebelum kompetisi usai pada pekan 2 Agustus 2020. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.