Dark/Light Mode

Italia Vs Belanda, Mancini Keukeuh Pake 4-3-3

Rabu, 14 Oktober 2020 11:55 WIB
Roberto Mancini dan para pemain timnas Italia. (Foto : Istimewa)
Roberto Mancini dan para pemain timnas Italia. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Italia akan menjamu Belanda dalam lanjutan UEFA Nations League 2020-21. Pertandingan akan digelar, Kamis (15/10) dini hari nanti WIB di Stadion Atleti Azzuri d’Italia. Kedua tim baru saja menyelesaikan pertandingan ketiganya di UNL musim ini dengan hasil kurang impresif.

Italia dan Belanda bermain imbang dengan lawan mereka masing-masing. Hasil itu memang tak mempengaruhi pencapaian kedua negara di tabel klasemen Liga A Grup 1.

Italia berada di urutan teratas dengan lima poin, sedangkan Belanda menguntit di tempat kedua dengan empat poin. Pada pertemuan pertama 8 September lalu, Italia membawa pulang tiga poin dalam lawatannya ke Belanda lewat gol tunggal Nicolo Barella.

Baca juga : Italia Vs Belanda, Berharap Tuah Tuan Rumah

Kini, Italia kehilangan amunisi lantaran ditinggal dua pemainnya. Karena Andrea Belotti dan Manuel Lazzari telah meninggalkan kamp latihan timnas Italia, sebagaimana diumumkan laman resmi federasi sepak bola Italia (FIGC).

Belotti mendapat kartu merah, sehingga terkena skors untuk pertandingan berikutnya. Sedangkan Lazzari dipulangkan ke klubnya, akibat mengalami cedera pada latihan Senin pagi.

Sebelumnya, tim Azzurri juga ditinggal Giacomo Bonaventura yang pulang ke kampung halamannya untuk menantikan kelahiran putranya pada Ahad (11/10). Meski begitu, Gli Azzurri punya rekor kandang yang cukup baik.

Baca juga : Kroasia Vs Swedia, Misi Perpanjang Nafas

Sejak takluk 1-3 dari Prancis pada 1 September 2016, mereka tidak tersentuh lagi kekalahan dalam 22 kesempatan menjamu lawan. Mereka membukukan 13 kemenangan dan sembilan kali imbang.

Pelatih Roberto Mancini masih memiliki pemain berkualitas un- tuk mengisi pos yang ditinggal para pemain tadi. Mereka adalah gelandang Sassuolo Manuel Locatelli, winger Juventus Federico Chiesa dan penyerang Paris Saint-Germain Moise Kean.

Striker Ciro Immobile masih belum diturunkan. Mancini tampak lebih yakin dengan Stephan El Shaarawy, yang diapit oleh Pelegrini dan Chiesa dalam formasi 4-3-3.

Baca juga : Prancis Vs Ukraina, Peringatan Keras Buat Pogba

“Kami sudah menyelesaikan tiga pertandingan dengan tiga striker. Moise Kean masih muda dan akan terus berkembang. Tapi semua pemain tampil dengan baik,” kata Mancini.

Sedangkan Belanda masih belum menemukan permainan terbaiknya sejak dilatih Frank De Boer. Dengan pemain top dunia seperti bek Virgil van Dijk, gelandang Frenkie de Jong, dan penyerang Memphis Depay, tim Oranye malah kesulitan mencetak gol.

Menghadapi Italia, Memphis Depay akan mengisi lini tengah bersama de Jong. Artinya, Georginio Wijnaldum bakal dibangkucadangkan. Steven Berghuis juga akan kembali diturunkan setelah tampil baik saat menghadapi Bosnia- Herzegovina. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.