Dark/Light Mode

Belanda Vs Spanyol, Menguji Taktik Anyar

Rabu, 11 November 2020 05:53 WIB
Para pemain Timnas Belanda. (Foto : Istimewa)
Para pemain Timnas Belanda. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim nasional Belanda akan bersua melawan Spanyol dalam laga bertajuk persahabatan di Johan Cruyff Arena, Amsterdam, Kamis (12/11) dini hari nanti WIB.

Partai ini kesempatan baik bagi kedua tim untuk menguji coba strategi baru sebelum tampil di UEFA Nations League (UNL) akhir pekan nanti Pelatih Belanda, Frank de Boer mengaku, sampai saat ini dirinya masih mengutak- ngatik formasi.

Sebab, performa Belanda sejak diasuhnya pada pertengahan September lalu belum mampu menunjukkan kerja maksimal. Di laga perdananya, The Orange harus menelan kekalahan 1-0 saat bertemu Meksiko pada partai persahabatan.

Baca juga : Wanda Nara, Traktir Foto Nakal

Tiga hari kemudian, Belanda hanya memetik hasil imbang tanpa gol saat bertemu Bosnia. Pun demikian di laga ketiga dimana Belanda ditahan imbang Italia 1-1 di ajang Liga Negara Eropa.

“Jujur saja, kami belum melakukan perombakan yang berar- ti di tiga laga itu. Kami dihadapi padatnya jadwal pertandingan, sehingga kami sulit melakukan perombakan,” kata Frank de Boer dalam konferensi pers jelang lawan Spanyol dikutip Sky Sport, kemarin.

Eks pelatih Crystal Palace itu menyebut, salah satu alasan dirinya belum melakukan perombakan karena pemain diharuskan kembali ke klub masing-masing usai pertandingan. Sehingga, koordinasi antar sesama anggota skuad sulit dilakukan.

Baca juga : Ferencvaros Vs Juventus, Leluasa Racik Taktik

Namun, De Boer yang sempat melatih klub asal Amerika Serikat Atlanta United itu menegaskan, situasi yang dialami timnya saat itu kini sudah jauh lebih baik. Hampir semua anggota tim sudah mulai berlatih bersama, dan melakukan serangkaian persiapan jelang laga melawan Spanyol.

“Kami kini lebih termotivasi. Kami bahkan telah menyiapkan strategi yang akan kami gunakan di ajang Liga Negara Eropa. Strategi itu akan diuji coba saat melawan Spanyol. Mudah-mudahan ini berhasil,” ujarnya.

Sekadar informasi, saat ini Belanda menempati peringkat tiga klasemen Grup 1 Liga Negara Eropa dengan koleksi lima poin. Mereka tertinggal dua angka dari Polandia, dan satu angka dari Italia yang menempati posisi kedua.

Baca juga : Chelsea Vs Rennes, Energi Tim Debutan Luber

Pada laga nanti, lini belakang Belanda bahkan diprediksi bakal kembali lemah karena bakal absennya Virgil Van Dijk, Marten de Roon, dan Leroy Fer yang cedera. Selain itu, Denzel Dumfries masih belum tersedia setelah terpapar Covid-19.

Sementara itu, pelatih timnas Spanyol Luis Enrique tampaknya bakal melakukan hal sama seperti apa De Boer lakukan. Yaitu menguji coba strategi racikan barunya sebelum tampil di Liga Negara Eropa. Sebab, performa Spanyol sejauh ini masih sangat buruk usai dikalahkan Ukraina 1-0 dalam laga UNL terakhir. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.