Dark/Light Mode

Nyaris Dicoret, Eko Ikrar Bawa Emas Olimpiade Tokyo

Jumat, 9 April 2021 06:42 WIB
Lifter Indonesia, Eko Yuli Iriawan. (Foto : Istimewa)
Lifter Indonesia, Eko Yuli Iriawan. (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sempat terancam dicoret dari Pelatnas, Lifter Eko Yuli Irawan dipastikan kembali dalam tim angkat besi Olimpiade Tokyo 2021. Eko berjanji meraih emas di event akbar olahraga sejagat itu.

Eko mulai latihan setelah keinginanmya dilatih oleh Lukman terkabulkan berkat bantuan yang difasilitasi oleh Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

“Saya sangat berterima kasih atas bantuan Komite Olimpiade Indonesia, mulai ketua umum (Raja Sapta Oktohari), sekjen (Ferry Kono), dan komisi-komisi lainnya,” kata Eko dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/4).

"Sebenarnya bagi saya diberi garansi bisa tetap tampil di Olimpiade sudah cukup, tetapi langkah NOC Indonesia yang mau mengakomodir kedatangan Pak Lukman untuk menjadi pelatih sungguh sangat saya apresiasi,” kata Eko.

Berita Terkait : Takut Ketularan Corona, Korut Absen Olimpiade Tokyo

Eko juga mengatakan tak akan mengecewakan seluruh pihak yang selama ini sudah membantunya. Ia berjanji memenuhi target pribadinya untuk membawa medali emas, terlebih Olimpiade Tokyo menjadi kesempatan terakhir dia mengingat usianya kini sudah menginjak 31 tahun.

Sebelumnya, Eko sempat mendapat teguran dari PABSI setelah memutuskan meninggalkan Pelatnas Kwini, Jakarta pada Januari lalu. Eko sempat berlatih secara mandiri di rumahnya di Bekasi. Namun berkat bantuan dari KOI, ia kini sudah mulai latihan mandiri di Empire Fit Club, GBK, Jakarta dengan program yang diberikan Lukman dari Thailand.

Untuk memudahkan akses berlatih, Eko akan tinggal di Hotel Atlet Century, Senayan. “Bagi saya yang terpenting saat ini adalah fokus persiapan Olimpiade. Saya sudah diakomodir oleh Komite Olimpiade Indonesia, saya juga tidak mau mengecewakan mereka dan Merah Putih,” ujar Eko.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal KOI Ferry Kono meminta Eko untuk serius dan fokus memenuhi target medali emas di Olimpiade Tokyo. Ia mengatakan pihaknya akan terlebih dahulu berkirim surat kepada Lukman sekaligus meminta komitmennya menangani Eko.

Berita Terkait : Greysia Fokus Olimpiade Tokyo

Jika Lukman bersedia, KOI bakal membuat perjanjian tertulis dengan Eko dan pelatihnya. “Eko harus fokus memenuhi target medali Olimpiade, tak boleh ada drama, politik, dan lain-lain. Sementara Coach Lukman, kami minta untuk membuat Eko tampil maksimal dan fokus menurunkan berat badan,” kata Ferry Kono.

Dilansir Antara, Lukman merupakan pelatih yang mengantarkan Eko merebut medali perunggu di Olimpiade 2008 Beijing dan Olimpiade 2012 London. Saat ini, Lukman menjadi pelatih angkat besi tim Thailand.

Namun, lifter Negeri Gajah Putih itu dipastikan tak akan tampil di Olimpiade 2020 Tokyo karena Federasi Angkat Besi Amatir Thailand (TAWA) sedang menjalani sanksi larangan bertanding hingga 2022. [IPL]

 

Baca Juga : Reformasi Parpol Mandeg