Dark/Light Mode

HUT Bhayangkara Ke-75

Yosep Taher Raih Gelar Juara Catur Online 2021

Senin, 5 Juli 2021 15:08 WIB
IM Yoseph Taher dari Papua. (Foto: Istimewa)
IM Yoseph Taher dari Papua. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Turnamen  Catur Online se-Indonesia dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara Ke-75 yang dilaksanakan pada Minggu (4/7) mulai jam 14.00 WIB diikuti oleh 1.205 peserta dari 1.580 peserta.

“Sekitar 375 peserta lainnya memilih untuk menonton di platform Lichess, sebagian karena terlambat dan sebagian lagi mungkin ‘keder’ karena peserta kali ini diikuti para pecatur unggulan Indonesia seperti GM Susanto Megaranto, GM Novendra Priasmoro, IM Yoseph Taher dan banyak lagi,” ujar Ketua Pelaksana yang juga Sekretaris Jenderal PB PERCASI, Henry Hendrarto.

Turnamen diawali dengan sambutan melalui video oleh Kapolda Kalimantan Tengah Irjen Pol. Dedi Prasetyo yang menekankan agar semua peserta bertanding dengan semangat sportifitas tinggi dan selalu mengikuti protokol kesehatan di masa PPKM darurat yang mulai diberlakukan di pulau Jawa dan Bali.

Baca juga : Catur Daring Ramaikan HUT Bhayangkara Ke-75 Tahun 2021

Di babak penyisihan yang menggunakan sistem pertandingan Arena 120 menit, 75 peringkat teratas berhak maju ke babak final. Dan di babak final yang dimulai pukul 20.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB menggunakan sistem pertandingan Swiss 8 Babak.

Akhirnya IM Yoseph Taher dari Papua berhasil tampil sebagai juara. Diikuti GM Susanto Megaranto dari Jawa Barat di peringkat kedua, dan Catur Adia Sagita dari Jawa Timur menempati peringkat ketiga.

Dari 8 babak yang dimainkan Yoseph Taher yang juga pecatur pelatnas SEA Games menempati puncak klasemen dengan 7 point diikuti pecatur pelatnas lainnya Susanto Megaranto 6,5 point dan Catur Adi Sagita mengumpulkan 6 point.

Baca juga : Jokowi Anugerahkan Bintang Bhayangkara Nararya Pada Tiga Personel Polri

Adapun total hadiah babak penyisihan Rp 17 juta untuk 75 peringkat teratas, dan total hadiah babak final Rp 8 juta untuk 20 peringkat teratas.

Penggagas sekaligus sponsor turnamen ini Agustiar Sabran yang merupakan anggota DPR Dapil Kalimantan Tengah merasa gembira dengan antusiasme para peserta.

di masa pandemi yang belum tahu kapan akan berakhir, ternyata para pecatur Indonesia tetap bersemangat untuk bertanding secara online tanpa melanggar protokol kesehatan.

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Beragam Capaian Kinerja Polri

"Insya Allah saya akan menyelenggarakan lagi turnamen catur online serupa pada kesempatan mendatang.” pungkas Agustiar. [WUR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.