BREAKING NEWS
 

Kena Dampak Kenaikan BBM, Pengusaha Pelayaran Minta Penyesuaian Tarif

Reporter : KINTAN PANDU JATI
Editor : OKTAVIAN SURYA DEWANGGA
Senin, 5 September 2022 16:21 WIB
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengusaha pelayaran mengaku terkena dampak naiknya harga BBM, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Ketua Umum DPP Indonesian National Shipowners' Association (INSA) Carmelita Hartoto mengatakan, kenaikan harga BBM berdampak langsung terhadap pelayaran angkutan penumpang, mengingat untuk sektor pelayaran penumpang menggunakan BBM subsidi.

"Sudah pasti beban operasional bagi angkutan pelayaran penumpang semakin berat seiring kenaikan harga BBM," katanya, Senin (5/9).

Baca juga : Penyesuaian Harga BBM Dinilai Tepat

Menurut Carmelita, pelayaran sektor angkutan penumpang yang melayani jarak dekat, selama ini tarif angkutannya ditentukan pemerintah.

Untuk itu, Carmelita berharap Pemerintah bisa segera melakukan penyesuaian tarif untuk pelayaran penumpang jarak dekat.

Adsense

"Idealnya saat ada kenaikan BBM, maka langsung ada penyesuaian tarif untuk angkutan penumpang jarak pendek secepatnya karena beban kenaikan BBM cukup besar," ujarnya.

Baca juga : Erick Minta Pertamina Jaga Pasokan BBM

Dalam struktur biaya operasional, kata Carmelita, bahan bakar menyumbang 40-50 persen terhadap total biaya operasional pelayaran.

Adapun, untuk pelayaran penumpang jarak jauh, Carmelita meminta para operator pelayaran melihat potensi dan mekanisme pasar yang berlaku di tiap lokasi pelayaran, agar tetap kompetitif namun juga harus mengutamakan keselamatan penumpang.

"Untuk pelayaran penumpang jarak jauh kita harap mereka bisa tetap memberikan layanan terbaik, dan mengutamakan faktor keselamatan," jelasnya.

Baca juga : Lestari Ngarep Bansos BBM Transparan Dan Tepat Sasaran

Untuk kenaikan harga BBM non subsidi yang selalu fluktuatif seperti yang dipublikasikan Pertamina setiap 15 hari, sambung Carmelita, maka pelaku usaha menerapkan fuel surcharge.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense