BREAKING NEWS
 

Menhub Bertemu Mantan PM Jepang

Peluang Kerja Sama Proyek Transportasi Strategis Terbuka Lebar

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Kamis, 21 November 2019 23:49 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi (berbatik abu-abu) bertukar cenderamata dengan mantan PM Jepang Yasuo Fukuda usai pertemuan di Kantor Kemenhub, Kamis (21/11). (Foto: Humas Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menerima para delegasi bisnis Jepang yang tergabung dalam Japan Indonesia Association (Japinda) yang dipimpin langsung mantan Perdana Menteri Jepang, Yasuo Fukuda, di kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (21/11). Pertemuan ini merupakan kelanjutan pertemuan Presiden Jokowi dengan Japinda di Istana Negara, Rabu lalu. Dalam pertemuan itu, Menhub membicarakan proyek strategis sektor transportasi yang berpeluang dikerjasamakan dengan Jepang.

“Banyak proyek yang kita bahas. Yaitu tentang MRT, Pelabuhan Patimban, Kereta Jakarta-Surabaya, dan peluang kerjasama dalam dukungan sektor  transportasi di destinasi wisata super prioritas 5 Bali baru, dan lain sebagainya,” jelas Menhub.

Baca juga : Dubes Esti: Peluang Kerja Sama RI-Italia Makin Terbuka Lebar

Menhub menjelaskan, dari proyek-proyek yang dibahas, terdapat tiga proyek prioritas yang dikerjasamakan dengan Jepang. Yaitu Pelabuhan Patimban, MRT Fase II (Bundaran HI-Ancol Timur) dan Fase III (koridor timur-barat, Cikarang-Balaraja), serta Kereta Cepat Jakarta-Surabaya.

Adsense

Terkait kerja sama Proyek Pelabuhan Patimban, Menhub mengungkapkan, pelabuhan ini akan beroperasi tahun depan dengan kerja sama pengelolaan Terminal pusat ekspor-impor kendaraan atau produk otomotif (car terminal). Terkait MRT tahap kedua, saat ini masih dalam tahap finalisasi desain dan diharapkan dapat dimulai pembangunannya tahun depan. 

Baca juga : Kemenhub Dukung Peningkatan Kerja Sama Optimalisasi Pelabuhan Kuala Tanjung

Terkait dengan MRT Fase III, Menhub menyebut saat ini masih dalam tahap studi dan diharapkan dapat dimulai pembangunannya pada 2022. Sedangkan terkait proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya, pembangunannya dimulai pada tahun 2022 dan ditargetkan selesai 2026 atau lebih cepat.
 
Menhub kemudian memaparkan rincian perkiraan nilai investasi ketiga proyek prioritas itu. Proyek Pelabuhan Patimban membutuhkan dana kurang lebih Rp 30 triliun. Untuk proyek MRT fase kedua nantinya membutuhkan dana kurang lebih Rp 15 triliun dan fase ketiga sekitar Rp 30 triliun. Sedangkan untuk proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya Menhub memperkirakan dibutuhkan anggaran Rp 80 triliun. 

Selain ketiga proyek itu, Menhub juga membicarakan peluang kerja sama proyek-proyek lainnya seperti pembangunan Bandara Bali Utara, pengelolaan Bandara Sam Ratulangi Manado, pengelolaan Pelabuhan Kuala Tanjung, dan pembangunan infrastruktur transportasi di Ibu Kota Negara baru di Kalimantan Timur seperti pengembangan Bandara Balikpapan dan pembangunan jalur kereta api bertenaga listrik sepanjang 40-50 kilometer dari Balikpapan ke ibu kota negara. 

Baca juga : Genjot Layanan, OVO Buka Peluang Kerja Sama dengan Berbagai Pihak

Menhub juga membahas mengenai kesempatan tenaga kerja Indonesia di sektor transportasi seperti pilot dan nakhoda bisa punya kesempatan untuk bekerja di Jepang. “Semoga peluang kerjasama ini memberikan dampak yang baik bagi proyek strategis sektor transportasi di Indonesia,” ujarnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Menteri Koordinator Bidang Pereknomian Airlangga Hartarto, Sekretaris Jenderal Djoko Sasono, Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri, Duta Besar Jepang Masafumi Ishii, sejumlah pejabat di Lingkungan Kemenhub, dan sejumlah delegasi bisnis Jepang. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense