BREAKING NEWS
 

Masih Nol Rupiah, KA Bandara Solo Resmi Beroperasi

Reporter & Editor :
FIRSTY HESTYARINI
Minggu, 29 Desember 2019 11:54 WIB
KA Bandara Adi Soemarmo (Foto: BKIP Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kereta api (KA) Bandara Adi Soemarmo, Solo resmi beroperasi pada hari ini. Kereta ini akan membawa penumpang dari Stasiun Solo Balapan di Solo, menuju Stasiun Bandara di Boyolali, Jawa Tengah, sejauh 13,5 km.

Dalam akun Instagramnya, Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan, KA ini diharapkan mampu menjadi moda alternatif untuk menuju ke bandara.

Baca juga : Menteri BKS: Semua Siap 100 Persen

KA ini akan melaju kurang dari 30 menit. Dari Stasiun Solo Balapan menuju Stasiun Bandara memakan waktu 19 menit. Sedangkan untuk rute sebaliknya, kereta berkapasitas 380 penumpang itu, butuh waktu 27 menit.

Adsense

Sementara itu, headway atau waktu tunggu antar kereta yaitu 40 menit. Kereta pun tersedia setiap hari. Sampai Februari 2020, tiket kereta hanya Rp 0 rupiah alias gratis.

Baca juga : Januari 2020, AP I Kelola Bandara Sentani Jayapura

Peluncuran KA Bandara Adi Soemarmo menambah daftar kota yang telah memiliki kereta bandara. Sebelumnya, kereta bandara telah lebih dulu hadir di Bandara Soekarno Hatta, Banten, Bandara Kualanamu, Sumatera Utara; Bandara Minangkabau, Sumatera Barat, dan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II di Sumatera Selatan.

Sabtu (28/12), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi atau BKS sudah meninjau proyek jalur KA Bandara Adi Soemarmo-Stasiun Balapan.

Baca juga : Kasus Nurhadi, KPK Garap Biro Kepegawaian MA

BKS juga ikut menjajal KA Bandara yang beroperasi sementara dari Stasiun Solo Balapan menuju ke Stasiun KA Bandara Adi Soemarmo, Boyolali pada Sabtu (28/12).

"Proyek ini sudah selesai dikerjakan. Besok Minggu, 29 Desember 2019, KA Bandara ini akan dioperasikan secara terbatas," kata BKS. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense