BREAKING NEWS
 

Tantangan Global Umat Masa Depan (7)

Agama Kehilangan Daya Jihad

Jumat, 3 Juni 2022 06:00 WIB
Nasaruddin Umar
Tausiah Politik

RM.id  Rakyat Merdeka - Dampak gerakan deradikalisasi di dalam masyarakat cend­erung menumpulkan semangat jihad. Bahkan kata jihad menjadi akronim yang menakutkan, terutama dari kelompok Islamophobi, yang terlalu takut terhadap pergerakan Islam. Sadar atau tidak sadar umat berjarak terhadap gerakan jihad, karena dianggap bisa mengganggu kenerjanya dan karier masa depannya. Gerakan Islam cinta kini semakin marak sebagai antitesa dari gerakan Islam dari kelompok hard liner group.

Baca juga : Maskulinisasi Wajah Agama

Memang setiap agama menganjurkan kelembutan dan kekuatan atau daya jihad. Agama akan berfungsi normal manakala kedua misi ini berjalan seiring. Agama tanpa kelembutan akan kehilangan akar di dalam masyarakat. Sebaliknya agama tanpa kekuatan daya jihad akan kehil­angan kontrol sosial. Agama harus mampu menampilkan kelembutannya kepada orang-orang yang mengikuti ajaran­nya dan harus bersikap tegas kepada mereka yang menentang ajarannya. Bagi mereka yang taat akan diberi ganjaran syurga dan ganjaran neraka bagi mereka yang mengingkarinya.

Baca juga : Kaum Dhu`afa Yang Terabaikan

Kekuatan daya jihad di dalam setiap agama amat diperlukan. Dalam Islam misalnya, daya jihad diperlukan untuk menegak­kan kebenaran dan menumpas kebatilan. Tanpa kekuatan ini maka agama akan dikalahkan oleh nilai-nilai lain yang mungkin destruktif bagi kemanusiaan. Sebagai contoh, rezim kebatilan dan kekuatan tirani yang berkuasa di dalam masyarakat perlu diakhiri dengan mengedepankan kekuatan jihad. Daya jihad juga diperlukan untuk memberantas kebodohan, kemiskinan, dan berbagai kelemahan yang menggerogoti masyarakat.

Adsense

Baca juga : Mempertahankan Fungsi Kritis Agama

Namun penggunaan daya jihad ini tetap harus berada di bawah kontrol ijtihad dan mujahadah yang terukur. Ijtihad ialah pengerahan kekuatan nalar umat di dalam mengartikulasikan nilai-nilai ajaran agamanya. Sedangkan mujahadah pengera­han aspek rohani umat di dalam menghayati nilai-nilai luhur agamanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense