BREAKING NEWS
 

Covid Meroket Terus, Ruang ICU Penuh

Gawat, Rumah Sakit Mulai Nolakin Pasien

Reporter & Editor :
APRIANTO
Minggu, 3 Januari 2021 08:02 WIB
Prosesi pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur. (Foto: Tedy Kroen/RM)

 Sebelumnya 
Terpisah, Wagub DKI Ahmad Riza Patria menyatakan, kapasitas rumah sakit di ibu kota memang sudah mencapai 80-85 persen per 1 Januari. Tapi, dia menyebut, masih mencukupi.

Dari 7.447 tempat tidur isolasi, 6.303 atau 85 persen yang terpakai. Sementara dari 964 tempat tidur ICU, terpakai 771 atau 80 persen. “Masih mencukupi,” tuturnya.

Baca juga : Israel Serang Rumah Sakit Di Ramallah Palestina

Tak cuma di Jakarta. Depok pun mengalami masalah yang sama. Rumah sakit sudah terisi 80 persen per 1 Januari. “Sudah di atas standar WHO,” ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana.

Kabupaten Tangerang juga kewalahan. Ruangan ICU RSUD yang terbatas, hanya 20, terus terisi. “Seluruh ruang ICU, ruang perawatan di seluruh rumah sakit khusus pasien Covid-19 termasuk rumah singgah Hotel Jasmin Kabupaten Tangerang semua sudah penuh,” ujar Bupati Tangerang A. Zaki Iskandar, kemarin.

Baca juga : Pengamat Sebut Rizieq Sihab Mulai Melunak

Meski begitu, Zaki memastikan, pasien yang baru masuk akan tetap dilayani. Tetapi, jika pasien baru masuk pada saat kondisi ICU penuh, akan dialihkan ke rumah sakit lain. “Tidak benar kalau IGD-nya ditutup,” tegasnya membantah kabar yang beredar di medsos.

Tak hanya rumah sakit, kapasitas lahan makam untuk pasien Covid-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur juga mulai penuh.

Baca juga : Pemerintah AS Mulai Vaksinasi Warganya

Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman Covid-19 TPU Pondok Ranggon, Muhaemin mengungkapkan, hingga 28 Desember 2020, pihak makam telah menampung 4.650 lebih jenazah pasien Covid-19 di blok Muslim maupun non Muslim.

Sementara hingga kemarin, kasus Covid-19 bertambah 7.203 orang. Total kasus positif kini menjadi 758.473. Sedangkan kasus sembuh bertambah 7.582. Total yang sembuh jadi 625.518. Sedangkan yang meninggal bertambah 226 orang menjadi 22.555. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense