BREAKING NEWS
 

Koordinasi Pemerintah Pusat Dan Pemda Kudu Diperkuat

Masyarakat Senang Kalau Testing Tinggi, Kasus Positif Covid Turun

Reporter : AHMAD LATHIF ROSYIDI
Editor : ABDUL SHOMAD
Jumat, 23 Juli 2021 05:05 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas (Jubir Satgas) Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Istimewa)

 Sebelumnya 
Menurut @hellosamid, pengurangan jumlah tes bukan yang pertama kali. Awal tahun lalu juga, terjadi pengurangan jumlah tes spesimen kasus Covid-19. “Makanya sempet turun angka positifnya (waktu itu),” katanya.

Fajar Setiadi Wijaya menilai, pola testing Covid-19 sudah jelas; selalu menurun saat week­end atau hari libur. Seharusnya, fenomena tersebut sudah dapat diketahui motifnya.

“Apakah karena petugasnya pada liburan atau alasan lain. Ternyata turunnya angka kasus Covid-19, karena testing-nya juga turun. Make sense sih kalo gitu,” katanya.

Baca juga : Banyak Bumil Ragu Divaksin Covid-19 Masih Tunggu Rekomendasi Kemenkes

Seharusnya, kata @ndusbaubusuk, jumlah tes spesimen Covid-19 diungkap ke publik secara transparan. Pemerintah jangan hanya membeberkan informasi tambahan, sembuh dan meninggal saja, tapi juga jumlah spesimen kasus Covid-19-nya juga.

“Kalau ingin meningkatkan 3T (tracing, test­ing, treatment), biaya tes harus dipangkas sehingga terjangkau masyarakat,” saran @Jokoplo.

Akun @Gajahmungkur menimpali. Kata dia, tes Covid-19 dilakukan secara gratis pun, masyarakat belum tentu mau. Yang peduli saja yang sadar pentingnya tes. “Masyarakat hanya tes jika ada gejala,” kata dia.

Baca juga : Pengusaha Kucing-kucingan Dengan Satgas Covid Daerah

Akun @Gundul_Mu mengungkapkan, pe­kan lalu banyak yang melakukan tes Covid secara mandiri. Mereka banyak yang terpapar Covid-19. Kini, setelah direm dengan PPKM Darurat, yang terpapar Covid-19 juga menurun, sehingga tes juga turun secara otomatis.

“Kapan selesainya kalau testing setiap hari di bawah 200 ribu melulu?” tanya @Joni Farkhan.

Akun @anasanti_mila juga heran, kena­pa sampai sekarang Indonesia tidak sekalipun pernah melakukan testing memenuhi standar WHO. Dia berharap, ke depan Indonesia bisa mengikuti jumlah pemeriksaan sesuai standar Badan Kesehatan Dunia.

Baca juga : Kapan Corona Tamat? Au, Ah...

“Mudah-mudahan turun terus kasus Covid-19. Jangan sampai terjadi, setelah Lebaran (Idul Adha) naik lagi,” harap @Dizz’s Mate. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense