BREAKING NEWS
 

Tak Ingin Ada Klaster Pilkada, Gubernur Sulsel Minta Cakada Lebih Disiplin

Reporter & Editor :
UJANG SUNDA
Rabu, 9 September 2020 11:00 WIB
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Nurdin Abdullah berharap tidak ada klaster baru Covid-19 pada kontestasi Pilkada 2020 di 12 daerah di Sulsel. Dia pun meminta para calon kepada daerah (cakada) lebih disiplin.

Pada proses pendaftaran pilkada serentak belum lama ini, tidak sedikit calon kepala daerah, baik pendatang baru maupun petahana, mendapatkan teguran dari Mendagri Tito Karnavian karena membawa pendukung dalam jumlah banyak pada masa pandemi Covid-19 ini. "Kami berharap tidak ada klaster baru dari proses pilkada ini. Tentu ini bisa kita cegah kalau kita semua menyadari, kita semua tingkatkan disiplin diri masing-masing," kata Nurdin, seperti dikutip Antara, Rabu (9/9).

Baca juga : Awas, Kluster Pilkada Serentak!

"Dan tentu sekali lagi saya tidak bosan-bosannya menyampaikan agar seluruh masyarakat Sulsel ikuti protokol kesehatan secara ketat, karena akan menentukan keberlangsungan pencegahan Covid-19," tambahnya.

Adsense

Ia berharap, tahapan pilkada selanjutnya, termasuk pengambilan nomor urut dan beberapa sosialisasi, agar betul-betul memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. "Kepada seluruh bupati, wali kota, mari kita sama-sama menjaga soliditas kita untuk mengawal Pilkada serentak 2020 ini," ucap Nurdin.

Baca juga : Bikin Kerumunan Saat Daftar Pilkada, Bupati Cellica Disemprit Kemendagri

Menurut dia, selama kondisi pandemi Covid-19 ini berlangsung, dan selama belum ada vaksin serta obatnya, selama itu juga masih dalam kondisi sangat berbahaya bagi semuanya. "Cukuplah kemarin beberapa deklarasi maupun pendaftaran dengan pengerahan massa. Saya ingin menyampaikan rasa penyesalan atas kejadian pada saat proses pendaftaran kemarin. Kami juga menyampaikan bahwa kita sekarang masih dalam kondisi sangat berbahaya bagi masyarakat," ujarnya.

Nurdin juga berharap kepada seluruh penyelenggara pilkada di 12 daerah di Sulsel ini agar tidak bosan-bosannya mengingatkan pasangan calon agar memperhatikan protokol kesehatan secara ketat. "Mudah-mudahan kita semua diberikan kemudahan, kesehatan dalam menjalankan tugas-tugas kita. Dan sekali lagi saya titip kepada teman-teman penyelenggara pemilu untuk tidak bosan-bosannya mengingatkan kepada seluruh paslon, untuk betul-betul memperhatikan protokol kesehatan secara ketat," katanya.

Baca juga : Jokowi Minta Para Gubernur Kerja Keras Turunkan Angka Kematian Pasien Covid

Menurut dia, menggunakan masker dan mencegah 70 persen untuk tidak terjangkit Virus Corona. “Apalagi kalau kita menghindari kerumunan, menjaga jarak, rajin mencuci tangan dengan sabun. Saya kira inilah upaya-upaya yang harus kita lakukan. Dan saya ingin mengingatkan kepada kita semua bahwa Sulawesi Selatan sudah berada di puncak pandemi dan terus mengalami penurunan kasus," ujar Nurdin. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :

Berita Lainnya
 

TERPOPULER

Adsense