Dark/Light Mode

Lisensi Miss Universe Indonesia Dicabut…

Selasa, 15 Agustus 2023 07:50 WIB
Poppy Capella. (Foto: Instagram @poppycapella_)
Poppy Capella. (Foto: Instagram @poppycapella_)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lisensi Miss Universe Indonesia yang dipegang PT Capella Swastika Karya, akhirnya dicabut usai mencuatnya kasus dugaan pelecehan seksual terhadap sejumlah finalis. Ajang tersebut pada tahun ini dianggap tidak beretika.

Poppy Capella bukan satu-satunya petinggi Miss Universe tingkat nasion­al yang tersandung skandal. Kejadian serupa juga dialami oleh pengurus Miss USA. Tahun lalu, kontes kecan­tikan yang terafiliasi Miss Universe Organization (MUO) menghadapi tuduhan nepotisme dalam menentukan kemenangan R’Bonney Gabriel.

Baca juga : Wakil Ketua DPD Beri Motivasi OKK Universitas Indonesia

Seorang finalis menyebut Gabriel yang ditetapkan sebagai Miss Uni­verse 2023 menang karena dekat dengan Crystle Stewart, pemegang lisensi sekaligus Presiden Miss USA kala itu. Ironisnya, sebelum MUO mencabut lisensi Miss USA dari Stewart, muncul pula laporan terkait pelecehan seksual di lingkungan internal yang dilakukan oleh suami Stewart.

Sabtu (12/8), MUO akhirnya mengambil tindakan tegas menyusul kehebohan kasus pelecehan seksual di Miss Universe Indonesia.

Baca juga : Kaget Diminta Bugil

“Miss Universe Organization mengakhiri relasi dengan pemegang lisensi di Indonesia, yakni PT Capella Swastika Karya, dan National Di­rector Poppy Capella,” demikian pernyataan MUO.

“Sangat jelas bahwa waralaba ini tidak menjunjung tinggi standar, etika, dan harapan merek kami se­bagaimana tertulis dalam aturan dan norma,” tambah MUO.

Baca juga : Politik Kemanusiaan

Pencabutan lisensi di Indonesia berdampak pada rencana perhela­tan Miss Universe Malaysia yang lisensinya juga dipegang oleh PT Capella Swastika Karya. MUO yang kini berada di naungan perusahaan media Thailand JKN Global memas­tikan Miss Universe Malaysia 2023 dibatalkan.

Bagaimana reaksi Poppy? Eks pedangdut ini mengaku tidak tahu dugaan pelecehan pada saat body checking. “Aku sebagai National Di­rector dan pemilik izin Miss Universe Indonesia tidak terlibat sama sekali dan tidak pernah mengetahui, me­nyuruh, meminta atau mengizinkan siapapun untuk melakukan kekerasan atau pelecehan seksual,” dalih Poppy via Instagram.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.