Dark/Light Mode

Covid-19 Kini Lebih Mudah Menular, Tapi Jangan Panik

Windhu Purnomo: Nyaris Tidak Ada Kasus Kematian

Senin, 11 Desember 2023 06:30 WIB
Windhu Purnomo, Epidemiolog Universitas Airlangga. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id
Windhu Purnomo, Epidemiolog Universitas Airlangga. Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id

 Sebelumnya 
Kasus Covid-19 sudah mengalami lonjakan di beberapa negara, termasuk Indonesia. Apakah sangat mengkhawatirkan?

Kasus di Singapura, Malaysia dan Indonesia memang ada kenaikan. Tapi, tidak disertai dengan peningkatan rawat inap di rumah sakit, dan tidak disertai dengan peningkatan angka kematian. Bahkan, nyaris 0 angka kematiannya.

Jadi, kasus Covid yang meningkat ini, kasusnya ringan dan sebagian besar tanpa gejala. Artinya, peningkatan kasus Covid ini tidak mengkhawatirkan, seperti influenza biasa saja.

Apa saran Anda untuk masyarakat?

Baca juga : Siti Nadia Tarmizi: Kasus Harian Covid Alami Peningkatan

Masyarakat tidak perlu panik, karena salah satu faktor adanya lonjakan kasus yang meningkat ini, karena surveilannya baik.

Bagaimana dengan pasien yang punya komorbid atau penyakit penyerta?

Covid ini memang ringan, tapi bisa berat jika ada penyakit penyerta atau komorbid. Jadi, yang punya komorbid, tetap harus mendapatkan perlindungan ekstra dengan melakukan vaksinasi.

Orang yang dengan komorbid, daya tahan tubuhnya berbeda dengan yang tidak punya komorbid. Pasien dengan komorbid, lebih mudah kena. Misalnya, diabet berat, hipertensi berat. Itu kan rentan banget. Jadi, lindungi yang seperti itu.

Baca juga : Jangan Panik, Perkuat Imun Dan Hidup Sehat

Bagaimana cara melindunginya?

Masyarakat dengan komorbid, harus melengkapi vaksinasi booster 1 maupun booster 2. Mumpung sampai akhir tahun ini masih gratis, harus bisa dimanfaatkan sebaik mungkin.

Selanjutnya, bagaimana mengantisipasi lonjakan Covid menjelang liburan Nataru?

Memang, Nataru itu kan banyak kerumunan, banyak perkumpulan. Makanya, harus bisa menjaga diri. Kalau ada teman atau saudara yang sakit batuk-batuk, kita harus pakai masker.

Baca juga : Usman Tokan: Sebenarnya, Bisa Saja Tidak Disampaikan

Pesan Anda?

Masyarakat juga harus memperhatikan perilaku hidup bersih dan sehat. Masyarakat jika ingin bepergian atau liburan Nataru, harus tetap memakai masker. Maskernya jangan ditinggal sama sekali. REN

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak edisi Senin, 11 Desember 2023 dengan judul "Covid-19 Kini Lebih Mudah Menular, Tapi Jangan Panik, Windhu Purnomo: Nyaris Tidak Ada Kasus Kematian"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.