Dark/Light Mode

Kasus Bunuh Diri Meningkat Konseling Perlu Ditingkatkan

Muhammad Iqbal: Tekanan Hidup Semakin Tinggi

Selasa, 12 Maret 2024 07:40 WIB
Muhammad Iqbal, Owner Rumah Konseling. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)
Muhammad Iqbal, Owner Rumah Konseling. (Foto: Dok. Rakyat Merdeka/rm.id)

 Sebelumnya 
Kasus bunuh diri di Indonesia semakin hari angkanya naik. Terbaru, satu keluarga di Jakarta Utara, bunuh diri. Bagaimana tanggapan Anda?

Angka kasus bunuh diri semakin hari semakin tinggi. Kasus bunuh diri sekeluarga di sebuah apartemen di Jakarta, sungguh memprihatinkan.

Memangnya berapa persen angka bunuh diri di Indonesia?

Berdasarkan data Pusat Informasi Kriminal Nasional (Pusiknas) Polri, ada 971 kasus bunuh diri di Indonesia sepanjang periode Januari hingga 18 Oktober 2023. Angka itu sudah melampaui kasus bunuh diri sepanjang 2022, yang jumlahnya 900 kasus dan angka ini terus meningkat hingga tahun 2024.

Baca juga : Golkar Ogah Cawe-cawe Kabinet Prabowo-Gibran

Apa penyebabnya?

Fenomena bunuh diri ini, ibarat gunung es, bahwa masalah kesehatan mental dan tekanan hidup semakin tinggi.

Bisa dijelaskan faktornya apa saja?

Penyebab orang melakukan bunuh diri, ada banyak faktor, baik masalah kesehatan fisik, mental, tekanan hidup, lingkungan, keyakinan dan pengaruh media.

Baca juga : BKS Genjot Kualitas Layanan

Faktor itu yang membawa individu pada sebuah masalah sosial seperti konflik, kesalahpahaman dengan keluarga, dengan lingkungan akademik, teman kerja, kekasih, atau masalah keuangan. Aspek-aspek sosial tersebut, jika tidak teratasi akan menimbulkan gangguan psikis.

Apa yang perlu dilakukan untuk menekan angka bunuh diri di masyarakat?

Perlu edukasi di berbagai tempat, baik di lingkungan sekolah, tempat kerja dan media sosial.

Peran Pemerintah, bagaimana?

Baca juga : Demi Cegah Tawuran, Polda Metro Larang Sahur On The Road

Pemerintah perlu membuka akses layanan kesehatan mental bagi masyarakat  secara online maupun offline. Akses layanan konseling, selama ini masih bersifat eksklusif dan terbatas.

Saat ini akses akan layanan konseling dan kesehatan mental sangat terbatas, sehingga masyarakat tidak punya akses untuk mendapatkan bantuan dan pertolongan pertama Psychological First Aid dalam penanganan masalah gangguan mental, padahal ini upaya yang sangat dasar dalam pencegahan bunuh diri. REN

Artikel ini tayang di Harian Rakyat Merdeka Cetak, Halaman 2, edisi Selasa, 12 Maret 2024 dengan judul "Kasus Bunuh Diri Meningkat Konseling Perlu Ditingkatkan, Muhammad Iqbal: Tekanan Hidup Semakin Tinggi"

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.